Program Literasi Unicef Tingkatkan Kemampuan Baca Tulis


BIAK, SERUJI.CO.ID – Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk urusan anak (Unicef) perwakilan Papua dan Papua Barat mengungkapkan program literasi baca tulis siswa anak asli Papua di Kabupaten Biak Numfor mampu meningkatkan kemampuan membaca dan menulis.

“Evaluasi Unicef Papua program baca tulis dilakukan bersama mitra kerja Dinas Pendidikan dan Yayasan Rumsram kurun waktu dua tahun sudah memberikan hasil signifikan karena siswa kelas 2 dan 3 di berbagai sekolah dasar sudah dapat baca tulis,” kata Officer Education Unicef Papua dan Papua Barat Aminuddin Ramdan di Biak, Kamis (1/2).

Ia menyebut program literasi baca tulis yang digalakkan Unicef di Provinsi Papua dan Papua Barat sejak 2015 dari hasil evaluasinya telah menunjukan adanya penurunan angka baca tulis anak.

Data evaluasi Biak Numfor, kata Ramdan, untuk siswa mengenal huruf/menit mencapai nilai 22,65, kata tak bermakna 2,82, membaca nyaring/menit 4,16, pemahaman bacaan benar 6,62, mendnegra dengan pemahaman benar 17,13, kosakata lisan 85,00 serta dikte 16,28.

“Keberhasilan program pendampingan literasi baca tulis yang dilakukan Unicef harus dilanjutkan pemerintah daerah dengan melakukan sekolah model pada tahun 2018,” harapnya.

Ramdan mengatakan adanya keterlibatan Unicef dengan lembaga donor untuk mengalakkan program literasi baca tulis di kawasan sekolah dasar wilayah pinggiran, terpencil dan tertinggal dalam rangka membantu dinas pendidikan untuk mencerdaskan anak Indonesia.

Sebelum program literasi dilakukan Unicef di Kabupaten Biak Numfor, lanjutnya, hasil data di lapangan ditemukan banyak sekolah dasar di kawasan pinggiran kota karena ketiadaan tenaga guru.

Serta faktor lain minimnya kemampuan baca tulis siswa karena kurangnya akses siswa mendapatkan buku pelajaran sebagai sumber infomasi pengetahuan.

“Kami terus mendorong pemkab di enam wilayah program baca tulis dapat mengalokasikan dana khusus untuk mendampingi program literasi di berbagai Sekolah Dasar sasaran,”ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Pendidikan pada Dinas Pendidikan Biak Numfor Japosman Situmorang mengakui program pendampingan Unicef dan Yayasan Rumsram untuk peningkatan kemampuan baca tulis anak sudah memberikan dampak positif pada siswa di sekolah dasar terpenci, terdepan dan tertinggal.

Program baca tulis pendampingan program Unicef berlangsung di empat kabupaten yakni Biak Numfor, Mimika, Jayawijaya, Jayapura Moanokwari dan Sorong. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close