Polda Maluku Utara Intensifkan Razia Miras Selama Ramadhan

TERNATE, SERUJI.CO.ID – Jajaran Kepolisian di Maluku Utara (Malut) mengintensifkan razia peredaran minuman keras (miras) untuk mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas di daerah ini selama umat muslim menjalankan ibadah Ramadhan.

Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendri Badar di Ternate, Jumat (18/5), mengatakan pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh jajarannya di polres kabupaten/kota untuk intensif menggelar razia guna mengntisipasi adanya peredaran miras selama Ramadhan.

Sedangkan, khusus Kota Ternate seringkali terjadinya tawuran antar-kelurahan, tetapi selama Ramadhan aparat kepolisian difokuskan melakukan patroli secara intensif di berbagai titik, guna menghindari adanya gesekan yang akhirnya bisa terjadi tawuran dan tentunya bisa mengganggu kenyamanan umat Muslim dalam menjalankan ibadah Ramadan.

Untuk mencegah peredaran minuman keras di wilayah Malut, selain melakukan razia ke tempat-tempat yang disinyalir menjadi lokasi penjualan miras, juga meningkatkan pengawasan pada semua pintu masuk di Malut, terutama pelabuhan karena miras umumnya dipasok dari Sulawesi Utara melalui kapal laut.

Bahkan, sehari sebelum Ramadhan, Polres Ternate sejak April hingga Mei berhasil memusnahkan 2 ton miras berbagai jenis yang dipasok dari Pulau Halmahera maupun Sulawesi Utara terdiri dari 40 kaleng bir, 1976 liter miras jenis cap tikus dengan tiga orang tersangka.

“Salah satu penyebab utama terjadinya gangguan kamtibmas seperti tawuran antar-kampung dan tingkat penganiayaan karena mabuk-mabukkan setelan mengkonsumsi minuman keras, oleh karena itu, polisi berusaha agar pada Ramadan ini tidak ada lagi peredaran barang haram itu,” ujarnya.

Hendri Badar mengatakan, upaya lainnya yang dilakukan jajaran kepolisian untuk menciptakan situasi yang kondusif pada Ramadhan adalah menempatkan personel di pusat-pusat perbelanjaan modern dan pasar tradisional, pelabuhan dan bandara serta masjid, terutama saat pelaksanaan salat tarawih.

Petugas Bhamkamtibmas yang ditempatkan pada setiap desa dan kelurahan terus melakukan koordinasi dengan aparat pemerintahan dan tokoh masyarakat, tokoh agama dan kalangan pemuda setempat, sehingga ada masalah yang bisa memicu terjadinya gangguan kamtibmas bisa segera selesaikan. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tragedi Lion JT-610: Urgensi Audit Maskapai Airline untuk Keselamatan Penerbangan

"Secara juridis bila terjadi suatu kecelakaan (accident) pesawat udara dalam kegiatan penerbangan maka Pemerintah juga dapat ditarik menjadi pihak yang harus bertanggungjawab sebagai suatu perbuatan kelalaian dalam melaksanakan kewajiban hukum" -Prof Dr Hasim Purba, SH.MHum

Najmul Akhyar

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER