Perumnas III Waena, Daerah Paling Banyak Ditemukan Motor Curian


JAYAPURA, SERUJI.CO.ID – Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas mengungkapkan, Perumnas III Waena, Distrik Heram Kota Jayapura menjadi daerah dengan angka temuan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) paling banyak se Kota Jayapura.

Kata Gustav setiap kali melakukan razia, kepolisian selalu menemukan sepeda motor curian di daerah tersebut.

“Setiap kali datang razia selalu ada dan diatas 10 unit makanya terbanyak,” ujar Gustav kepada wartawan, di Mapolres Jayapura Kota, Papua, Kamis (3/1).

Lebih lanjut dikatakan Kapolres, hasil razia dari fungsi lalulintas maupun fungsi reskrim selama operasional 2018 terdapat 233 unit kendaraan roda dua, yang semuanya masih berada di Mapolres Jayapura Kota.

“Kendaraan yang masih ada di satuan lalu lintas kami ada 99 unit, 80 unit yang diamankan dalam kegiatan razia rutin dan 19 unit dari operasi zebra matoa 2018,” jelasnya.

Sementara pada satuan Reskrim Polres Jayapura Kota terdapat 134 unit sepeda motor lainnya. Dimana 100 merupakan temuan Satreskrim dan 34 hasil razia dari Perumnas III Waena pada 19 Desember 2018.

“Betul, ini yang masih ada di Mapolres Jayapura Kota, sehingga kami imbau apabila masyarakat merasa kehilangan bisa datang ke Polres Jayapura Kota, termasuk yang kena tilang bisa ke Satuan lalulintas dengan membawa surat-surat motor,” tambah Gustav.

Dalam kesempatan itu ia juga meminta kepada masyarakat agar tidak gampang membeli sepeda motor dengan harga murah.

“Ini demi kebaikan masyarakat, karena sepeda motor dengan harga tak wajar, 99 persen bisa dipastikan barang curian. Pembeli bisa dijerat pasal 480 tentang penadah dengan ancaman hukuman 4 tahun 8 bulan,” tegasnya.

Upaya Polres Jayapura Kota ini mendapat tanggapan dari Ayu salah satu warga Perumnas III Waena.

“Itu memang benar dan sangat meresahkan karena sering sekali adanya keluhan warga tentang motor hilang. Bahkan tidak sedikit disertai dengan kekerasan, saya sendiri pernah dijambret saat turun dari taxi, bisa jadi motor yang mereka pakai juga hasil curian,” ujar Ayu saat dihubungi SERUJI, Kamis (3/1) siang.

Perumnas III Waena menurut Ayu memang tempat yang sering terjadi aksi kekerasan dengan pencurian, namun begitu ia mengapresiasi kepolisian yang sudah melakukan penangkapan pelaku dan menyita motor curian yang kebanyakan berasal di Perumnas III. (Faisal N/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Masa Bakti Dewan Pendidikan 2014-2019 Berakhir, Pemkot Surabaya Buka Rekrutmen

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Supomo mengatakan bahwa proses rekrutmen akan dimulai dengan pendafatran yang dilakukan secara daring (online) mulai hari ini, Selasa (18/2) hingga Jumat (28/2) mendatang.

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

Flash: Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK Terkait Dugaan Pengadaan Barang dan Jasa

OTT KPK ini, adalah juga yang pertama kali sejak revisi UU KPK diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002.

TERPOPULER

close