Perumnas III Waena, Daerah Paling Banyak Ditemukan Motor Curian

JAYAPURA, SERUJI.CO.ID – Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas mengungkapkan, Perumnas III Waena, Distrik Heram Kota Jayapura menjadi daerah dengan angka temuan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) paling banyak se Kota Jayapura.

Kata Gustav setiap kali melakukan razia, kepolisian selalu menemukan sepeda motor curian di daerah tersebut.

“Setiap kali datang razia selalu ada dan diatas 10 unit makanya terbanyak,” ujar Gustav kepada wartawan, di Mapolres Jayapura Kota, Papua, Kamis (3/1).

Lebih lanjut dikatakan Kapolres, hasil razia dari fungsi lalulintas maupun fungsi reskrim selama operasional 2018 terdapat 233 unit kendaraan roda dua, yang semuanya masih berada di Mapolres Jayapura Kota.

“Kendaraan yang masih ada di satuan lalu lintas kami ada 99 unit, 80 unit yang diamankan dalam kegiatan razia rutin dan 19 unit dari operasi zebra matoa 2018,” jelasnya.

Sementara pada satuan Reskrim Polres Jayapura Kota terdapat 134 unit sepeda motor lainnya. Dimana 100 merupakan temuan Satreskrim dan 34 hasil razia dari Perumnas III Waena pada 19 Desember 2018.

“Betul, ini yang masih ada di Mapolres Jayapura Kota, sehingga kami imbau apabila masyarakat merasa kehilangan bisa datang ke Polres Jayapura Kota, termasuk yang kena tilang bisa ke Satuan lalulintas dengan membawa surat-surat motor,” tambah Gustav.

Dalam kesempatan itu ia juga meminta kepada masyarakat agar tidak gampang membeli sepeda motor dengan harga murah.

“Ini demi kebaikan masyarakat, karena sepeda motor dengan harga tak wajar, 99 persen bisa dipastikan barang curian. Pembeli bisa dijerat pasal 480 tentang penadah dengan ancaman hukuman 4 tahun 8 bulan,” tegasnya.

Upaya Polres Jayapura Kota ini mendapat tanggapan dari Ayu salah satu warga Perumnas III Waena.

“Itu memang benar dan sangat meresahkan karena sering sekali adanya keluhan warga tentang motor hilang. Bahkan tidak sedikit disertai dengan kekerasan, saya sendiri pernah dijambret saat turun dari taxi, bisa jadi motor yang mereka pakai juga hasil curian,” ujar Ayu saat dihubungi SERUJI, Kamis (3/1) siang.

Perumnas III Waena menurut Ayu memang tempat yang sering terjadi aksi kekerasan dengan pencurian, namun begitu ia mengapresiasi kepolisian yang sudah melakukan penangkapan pelaku dan menyita motor curian yang kebanyakan berasal di Perumnas III. (Faisal N/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Ternyata Menteri Agama Berasal dari Ormas Islam Yang Sama dengan Ustadz Tengku Zulkarnain

Fachrul Razi tercatat sebagai anggota Majelis Amanah Pusat PB Math'laul Anwar sejak 2018 berdasarkan Surat Keputusan nomor A.166/KPTS/PBMA/V/2018 yang ditandatangani Ketua Umum PB MA, Ahmad Sadeli Karim dan Sekjen Oke Setiadi

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi