Persekutuan Dayak Lundayeh Malinau Raih 3 Rekor MURI

MALINAU, SERUJI.CO.ID – Usai pelaksanaan Upacara Adat Dayak Lundayeh, Dewan Pimpinan Daerah Persekutuan Dayak Lundayeh (DPC PDL) Malinau pecahkan tiga (3) Rekor MURI di Arena Pelangi Intimung, Kabupaten Malinau Kalimantan Utara, Selasa (16/10).

Tiga rekor MURI tersebut yaitu 178 lesung dengan lubang lesung sebanyak 584, alu sebanyak 1.752 dan tungku masak sepanjang 350 meter.

Upacara Adat lundayeh dan Pemecahan Rekor MURI ini dilakukan di hari kedua pesta rakyat Irau ke 9 dalam rangkaian HUT Kabupaten Malinau ke 19 Tahun 2018.

Sebelumnya, dihari pertama pembukaan Irau Museum Rekor Indonesia (MURI) juga memberikan dua Rekor MURI kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau yaitu pawai budaya yang dihadiri lebih kurang 8.800 orang dengan busana beraneka ragam Etnis Nusantara dan Rekor MURI Desa Wisata Pulau sapi yang berhiaskan motif Etnis terbanyak.

Mengawali pembukaan pemecahan Rekor MURI, Ketua DPC PDL Kabupaten Malinau Wempi Mawa, SE menyampaikan, tujuan pemecahan rekor ini merupakan suatu bentuk kelestarian budaya leluhur masyarakat adat Lundayeh, karena Adat Dayak Lundayeh juga memiliki beragam seni budaya yang ada di Kabupaten Malinau, tuturnya.

(SHD/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Prabowo Subianto, “What Is To Be Done”: Catatan atas Pidato Prabowo

Pidato Prabowo Subianto menggelegar di bumi nusantara kemarin malam. Jutaan atau puluhan juta menyaksikan pidato visi-misi tersebut. Dari sisi pidato, Prabowo luar biasa, mampu sebagai "singa podium", yang menjelaskan pikiran-pikirannya seolah berinteraksi dengan suasana audiens dan seolah tanpa teks.

Sambut Konferwil AMSI Jatim, Begini Pesan Kapolda Jawa Timur

"Saya terima kasih teman-teman dari AMSI, mudah-mudahan bisa mengawal suplai berita kepada masyarakat dalam koridor jurnalistik yang tetap menjaga objektifitas. Saya senang sekali bisa audiensi dan bersilaturahmi," kata Irjen Fadil di Mapolda Jatim

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

TERPOPULER