Perbaiki Jembatan Sungai Ambawang, Pemprov Anggarkan Rp5 Miliar

0
71
Jembatan sungai Ambawang (foto:istimewa)

PONTIANAK, SERUJI.CO.ID – Plt Kadis PUPR Kubu Raya, Encep Mulyadi mengatakan tahun ini perbaikan Jembatan Sungai Ambawang yang berlubang sudah dianggarkan oleh Pemprov Kalimantan Barat dengan pagu dana sebesar Rp5 miliar.

“Kondisi jembatan tersebut memang sangat memprihatinkan dimana puncaknya pada Selasa kemarin, jembatan itu amblas. Kita berharap itu bisa segera diperbaiki, karena jembatan itu merupakan akses vital dalam transportasi Kalbar,” kata Encep di Pontianak, Rabu (7/3).

Dia menjelaskan, untuk kewenangan pengerjaan Jembatan Sungai Ambawang yang berlubang merupakan kewenangan pemerintah provinsi memperbaikinya.

“Pemerintah pusat sudah menyerahkan ke pemerintah provinsi. Tahun ini salah satu jembatan tersebut, sudah diserahkan ke PUPR Provinsi bidang Bina Marga, bahkan jembatan tersebut sudah selesai lelang. Kalau anggaran jembatan tersebut, sekitar Rp 5 miliar lebih, ini tinggal pengerjaannya,” tuturnya.

Encep mengatakan, jalan dari mulai Simpang Tanjung Hulu sampai Tayan, merupakan kewenangan dari pemerintah pusat.

“Tapi jembatannya sudah diserahkan ke provinsi, kita tidak boleh untuk mengerjakan jembatan tersebut karena kalau kita mengerjakan, pasti ditegur,” katanya.

Seperti beberapa bulan lalu, lanjut Encep, pihak pemerintah kabupaten ingin memperbaiki jalan menuju Serdam untuk melakukan penimbusan.

“Saat itu juga pengawas dari pihak provinsi langsung menegur kami, agar tidak diperbaiki. Padahal sedikit,” katanya.

Dia menambahkan, jalan di Kubu Raya yang bukan kewenangan pemerintah kabupaten, sepanjang 113 kilometer, yakni Jalan Nasional sepanjang 70 km dan jalan Provinsi sepanjang 43 km.

“Makanya kita harus tahu, mana kewenangan kita dan mana yang bukan. Kalau kita yang mengerjakan, pasti tetap disalahkan,” katanya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polda Sulsel Ringkus Sindikat Narkoba Jaringan Internasional

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID - Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sulawesi Selatan meringkus tersangka, yang merupakan sindikat peredaran narkoba jaringan internasional, setelah lebih dari dua tahun...
Pemukiman Yahudi di Tepi Barat

Israel Akan Bangun Ribuan Rumah Baru di Tepi Barat

YERUSALEM, SERUJI.CO.ID - Menteri Pertahanan Israel pada Kamis (24/5) mengatakan berencana meminta persetujuan untuk pembangunan sekitar 2.500 rumah baru sebagai permukiman Yahudi di Tepi...
ott, korupsi

KPK Periksa Bupati Buton Selatan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Bupati Buton Selatan Agus Feisal Hidayat bersama enam orang yang diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT) tiba...

Thailand Rebut Angka Pertama Atas Indonesia di Piala Uber

BANGKOK, SERUJI.CO.ID - Tim Thailand merebut angka pertama atas Indonesia pada pertandingan babak perempat final turnamen bulu tangkis beregu putri Piala Uber melalui pemain...

Angka Kurang Gizi di NTB Masih Tinggi

MATARAM, SERUJI.CO.ID - Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat menyebutkan angka kurang gizi di wilayah itu masih tergolong tinggi. "Masih tinggi prevalensi kurang gizi di NTB,...