Perbaikan Bendungan Pitap Tunggu Debit Air Normal

PARINGIN, SERUJI.CO.ID – Penanganan siring luar atau sayap Bendungan Pitap Desa Nungka, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan yang longsor beberapa waktu lalu, masih menunggu debit air normal.

Staff Operasi PT Brantas Abipraya, Medio dan Yus Rizal, Senin mengatakan, sementara penanganan dilakukan menggunakan jumbo bag, untuk mencegah gerusan air bertambah ke sisian sayap.

“Kalau diperbaiki memang gak mungkin dulu, rencananya sementara pakai jumbo bag, saat debit airnya berkurang baru dikerjakan perbaikannya itu,” jelasnya.

Yuz Rizal menjelaskan, apabila dilakukan penutupan pintu air sementara untuk perbaikan, akan berdampak kepada pemukiman masyarakat yang ada di hulu sungai.

“Di atas kan ada pemukiman warga, kalau kita tutup pintu air, maka bisa berdampak banjir, sehingga dalam kondisi debit air yang cukup banyak seperti saat ini, hanya bisa penanganan sementara, dengan jumbo bag, supaya tidak melebar jebolnya,” katanya.

Sementara itu, di depan pintu air tersebut terdapat sedimen tanah dan lain sebagainya, sehingga membuat pusaran air, dan hal itu harus segera ditangani dengan mendatangkan eksavator ampibi.

“Sedimen-sedimen tersebut kita bersihkan dengan menggunakan eksavator ampibi yang kita datangkan, sehingga pusaran air tersebut tidak ada lagi, dan tidak mengakibatkan gerusan atau hantaman ke dinding luar bendungan,” paparnya.

Ketika debit air sudah mulai turun, barulah kita akan perbaiki dinding sayap bendungan tersebut.

“Memang sebelumnya sudah kita ajukan beberapa opsi penanganan dan pengerjaan, namun belum disetujui oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan II,” ujarnya.

Jadi sepanjang sayap tersebut akan dilakukan perbaikan, sementara ini kita bersihkan dulu sedimen-sedimen tanah dan lainnya yang mengakibatkan pusaran air di depan pintu air, agar tidak menghantam dinding-dinding sayap luar bendungan.

Sementara itu, Bendungan Pitap merupakan salah satu program strategis pembangunan irigasi di Kalimantan Selatan. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Konsultasi Manajemen Bersama SNF Consulting

Anda dapat konsultasikan masalah terkait menajemen dan pengelolaan perusahaan kepada SNF Consulting dengan mengisi form di bawah dengan lengkap.

Jokowi, Propaganda Rusia dan Rand Corporation

Penggunaan istilah Propaganda Rusia ini menjadi masalah besar sebab dalam kapasitas apa Jokowi menyatakan hal tersebut? Apakah sebagai Presiden Republik Indonesia atau sebatas calon presiden (Capres)?

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

Bela UAS, Netizen Indonesia Banjiri Akun Medsos Pejabat Singapura

SERUJI.CO.ID - Akun media sosial Presiden Singapura Halimah Yacob...

Kalimantan, Tumpuan Indonesia ke Depan

Kalau ada orang orang memandang remeh Kalimantan, saya pastikan yang bersangkutan kurang banyak piknik di dalam negeri

Kolaborasi Jadi Kunci Perangi Disinformasi dalam Konten Digital

Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur (AMSI) Jatim berkolaborasi dengan Polda Jawa Timur, Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya berupaya bersama-sama memerangi hoaks melalui stakeholders meeting

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh minum obat neutotopik dan kaki saya jg spt ketarik dr mulai pinghul hingga ke tungkai

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Segarkan Wajah dengan A I U E O