Pengadaan Bus Sekolah Biak Dibiayai Otsus Papua

BIAK, SERUJI.CO.ID – Pengadaan delapan unit bus angkutan siswa sekolah di Kabupaten Biak Numfor, Papua pada tahun 2017 dibiayai dari dana Otonomi Khusus Papua sebesar Rp6 milyar.

“Fasilitas delapan bus sekolah yang sudah tiba di Biak untuk menunjang pelayanan angkutan siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Biak Nico Buiney MMT, di Biak, Kamis (25/1).

Ia mengatakan pengadaan delapan unit bus angkutan sekolah ditangani Bidang Sarana Prasarana Dinas Pendidikan Biak Numfor dan sudah direalisasikan pada tahun 2017.

Nico Buiney mengatakan, selama ini di berbagai sekolah luar kota Biak para siswa saat berangkat ke sekolah harus berjalan kaki berkilometer menuju sekolah.


Akibat ketiadaan angkutan khusus untuk siswa ke sekolah, menurut Nico Buiney lagi, dominan siswa yang rumahnya sangat jauh selalu terlambat masuk sekolah karena alasan transportasi ke sekolah.

Kondisi dialami para siswa itu, menurut Nico Buiney, telah cukup lama dialami pelajar di daerah ini, sehingga Pemkab Biak Numfor melalui Disdik telah memprogramkan pengadaan delapan unit bus sekolah untuk angkutan siswa.

“Dengan disediakan bus sekolah bantuan Pemkab Biak Numfor ini sangat membantu siswa untuk bisa pergi ke sekolah dengan cepat, sehingga dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan baik,” ujarnya pula.

Penempatan bus angkutan siswa sekolah itu, menurut Nico Buiney, sesuai dengan kebijakan Pemkab Biak Numfor akan disebar ke beberapa lokasi distrik, sehingga dapat beroperasi melayani antarjemput siswa sekolah di luar kota.

“Saya berharap jika bus sekolah sudah diserahkan dapat dirawat karena sangat vital mendukung kelancaran anak mengikuti proses belajar belajar mengajar di sekolah,” kata mantan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Biak itu pula.

Kabid Sarana Prasarana Dinas Pendidikan Biak Numfor Simon Rumpaisum MAP mengakui delapan unit bus angkutan sekolah sudah tiba di Biak siap untuk diserahkan kepada Pemkab Biak Numfor melalui Plt Bupati Herry Ario Naap.

“Bus sekolah pengadaan dari dana Otsus Papua tahun 2017 sudah ada pada Dinas Pendidikan Biak Numfor, ya kami masih menunggu kedatangan Plt Bupati Herry Naap untuk diserahkan pengadaan bus angkutan sekolah,” katanya lagi.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Biak Numfor, jumlah siswa di berbagai jenjang pendidikan pada tahun pelajaran 2018/2019 mencapai sekitar 8.000-an siswa tersebar di 162 SD, 54 SMP, 17 SMA serta tujuh SMK. (Ant/SU02)

KONSULTASI

Benang Kusut Reformasi Agraria

Bila penyelesaian konflik pertanahan dilakukan hanya mendasar kepada tujuan peningkatan elektabilitas, maka hal itu bukanlah penyelesaian yang konfrehensif sesuai amanat Reformasi Agraria yang dicita-citakan.
Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Ibu Muda Ini Sudah Harus Cuci Darah, Inilah Penyebabnya

Usia masih muda, tapi wanita ini sudah harus menjalani cuci darah rutin. Apa penyebabnya? simak penjelasan dr. Irsyal Rusad., dokter spesialis penyakit dalam.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Baca Juga

Benang Kusut Reformasi Agraria

Bila penyelesaian konflik pertanahan dilakukan hanya mendasar kepada tujuan peningkatan elektabilitas, maka hal itu bukanlah penyelesaian yang konfrehensif sesuai amanat Reformasi Agraria yang dicita-citakan.

Katakanlah dengan Meme: Genre Baru Komunikasi Politik

Meme politik, bagaimana pengaruhnya dalam perpolitikan terkini

Bantah Ada Persekusi Jurnalis di Munajat 212, Panitia: Ada Upaya Framing Negatif

Panitia Munajat 212 menduga ada upaya pengalihan isu dan framing negatif terhadap acara 'Munajat 212'.

Dukung Program Pariwisata, PT KAI Hidupkan 4 Jalur Kereta di Jawa Barat

4 jalur kereta api di Jabar kembali dihidupkan. Inilah jalur-jalurnya

Sesalkan Persekusi Terhadap Jurnalis Saat Acara ‘Munajat 212’, PWI Minta Polisi Usut Tuntas

PWI kecam kekerasan terhadap jurnalis saat acara Munajat 212, minta polisi usut tuntas.

Kampanye di Lembaga Pendidikan, Caleg PSI Ditetapkan Sebagai Tersangka

Caleg PSI jadi tersangka pidana pemilu.

The Habibie Center: Sudirman Harus Buktikan Pertemuan Rahasia Jokowi-Bos Freeport

Pengamat menilai Sudirman harus ungkap bukti-bukti dari pernyataannya, apalagi ada yang bertolak belakang dari yang disampaikan pada 2015 silam.

AJI Kecam Oknum Beratribut Ormas Lakukan Kekerasan Pada Jurnalis Saat Munajat 212

Sejumlah jurnalis mengalami persekusi yang diduga dilakukan oknum dengan atribut sebuah ormas saat acara Malam Munajat 212.

Kampanye di Lembaga Pendidikan, Caleg PSI Ditetapkan Sebagai Tersangka

Caleg PSI jadi tersangka pidana pemilu.

The Habibie Center: Sudirman Harus Buktikan Pertemuan Rahasia Jokowi-Bos Freeport

Pengamat menilai Sudirman harus ungkap bukti-bukti dari pernyataannya, apalagi ada yang bertolak belakang dari yang disampaikan pada 2015 silam.

Ulama dan Tokoh Politik Bersama Ummat Penuhi Kawasan Monas dalam Munajat 212

Kawasan monas dipenuhi ummat yang hadiri Munajat 212.

Ombudsman Tegaskan Lahan Prabowo Bukan HGU Tapi HPHTI

Akhirnya setelah ditelusuri, Ombudsman memastikan lahan yang dikuasai Prabowo adalah HPHTI, bukan HGU.

TERPOPULER

Festival Cap Go Meh 2019 di Singkawang Dibanjiri Ribuan Wisatawan

Perayawaan Cap Go Meh di Singkawang jadi data tarik wisatawan mancanegara. Simak keramaiannya...

Tidak Hanya Mall, Pasar Pun Sepi Karena Ekonomi Lesu dan Daya Beli Anjlok

Saat ini bukan hanya mall, pusat belanja tradisional yang biasanya tetap ramai pembeli, sekarang pun sepi pembeli di Makassar.

Melancong ke Kota Daeng, Jangan Lupa Coto Makassar

Jalan-jalan ke Makassar belum lengkap jika belum cicipi keenakan coto Makassar. Catat inilah lokasinya.

Survei LSI: 4 Partai Islam Ini Berebut Keluar dari Parliamentary Threshold

Memprihatinkan, dari 5 partai Islam hanya 1 yang diprediksi lolos PT dalam Pemilus 2019.

Prihatin Kondisi Ekonomi Saat ini, Gerindra Akan All Out Menangkan Prabowo

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Kalimantan Barat (Kalbar) menyatakan, kesiapannya untuk all out memenangkan Prabowo.