Pengadaan Bus Sekolah Biak Dibiayai Otsus Papua

1
88
Bus sekolah (Foto:istimewa)

BIAK, SERUJI.CO.ID – Pengadaan delapan unit bus angkutan siswa sekolah di Kabupaten Biak Numfor, Papua pada tahun 2017 dibiayai dari dana Otonomi Khusus Papua sebesar Rp6 milyar.

“Fasilitas delapan bus sekolah yang sudah tiba di Biak untuk menunjang pelayanan angkutan siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Biak Nico Buiney MMT, di Biak, Kamis (25/1).

Ia mengatakan pengadaan delapan unit bus angkutan sekolah ditangani Bidang Sarana Prasarana Dinas Pendidikan Biak Numfor dan sudah direalisasikan pada tahun 2017.

Nico Buiney mengatakan, selama ini di berbagai sekolah luar kota Biak para siswa saat berangkat ke sekolah harus berjalan kaki berkilometer menuju sekolah.

Akibat ketiadaan angkutan khusus untuk siswa ke sekolah, menurut Nico Buiney lagi, dominan siswa yang rumahnya sangat jauh selalu terlambat masuk sekolah karena alasan transportasi ke sekolah.

Kondisi dialami para siswa itu, menurut Nico Buiney, telah cukup lama dialami pelajar di daerah ini, sehingga Pemkab Biak Numfor melalui Disdik telah memprogramkan pengadaan delapan unit bus sekolah untuk angkutan siswa.

“Dengan disediakan bus sekolah bantuan Pemkab Biak Numfor ini sangat membantu siswa untuk bisa pergi ke sekolah dengan cepat, sehingga dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan baik,” ujarnya pula.

Penempatan bus angkutan siswa sekolah itu, menurut Nico Buiney, sesuai dengan kebijakan Pemkab Biak Numfor akan disebar ke beberapa lokasi distrik, sehingga dapat beroperasi melayani antarjemput siswa sekolah di luar kota.

“Saya berharap jika bus sekolah sudah diserahkan dapat dirawat karena sangat vital mendukung kelancaran anak mengikuti proses belajar belajar mengajar di sekolah,” kata mantan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Biak itu pula.

Kabid Sarana Prasarana Dinas Pendidikan Biak Numfor Simon Rumpaisum MAP mengakui delapan unit bus angkutan sekolah sudah tiba di Biak siap untuk diserahkan kepada Pemkab Biak Numfor melalui Plt Bupati Herry Ario Naap.

“Bus sekolah pengadaan dari dana Otsus Papua tahun 2017 sudah ada pada Dinas Pendidikan Biak Numfor, ya kami masih menunggu kedatangan Plt Bupati Herry Naap untuk diserahkan pengadaan bus angkutan sekolah,” katanya lagi.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Biak Numfor, jumlah siswa di berbagai jenjang pendidikan pada tahun pelajaran 2018/2019 mencapai sekitar 8.000-an siswa tersebar di 162 SD, 54 SMP, 17 SMA serta tujuh SMK. (Ant/SU02)

loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Telur ayam naik

Heboh Soal Telur Naik: Mendag Tuding Piala Dunia, Mentan Sebut Karena Musim Haji

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga telur yang naik tinggi belakangan ini, sampai menyentuh Rp30 ribu perkilogram jadi perbincangan di tengah masyarakat. Bukan hanya karena tingginya...
Caleg

Terkait Menteri Nyaleg, Gerindra: Sebaiknya Mundur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menyarankan menteri-menteri yang menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019 mundur dari jabatannya...

Terkait Pencalegan Kapitra lewat PDIP, Habib Rizieq: Jangan Lagi Ada di Kapal Kami

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Habib Rizieq Shihab telah mengeluarkan seruan yang tegas agar umat Islam tidak berhubungan dan mendukung partai-partai penista agama pada pemilu 2019....

Tiga Menteri PKB Nyaleg, Kata Cak Imin Tak Akan Ganggu Pemerintahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakin bahwa tiga menteri dari PKB yang mencalonkan...
Telur ayam naik

Di Banjar, Harga Daging dan Telor Ayam Melonjak Tinggi

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Harga telur ayam dan daging ayam di pasar Banjar, Jawa Barat, mengalami kenaikan harga. Berdasarkan pantauan di pasar Banjar Jumat...