Pendaftaran Lelang Jabatan di Kotawaringin Timur Diperpanjang

0
7
Lelang jabatan (ilustrasi)

SAMPIT, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, memperpanjang waktu pendaftaran seleksi terbuka atau lelang jabatan tinggi pratama setempat karena peserta yang mendaftar masih sedikit.

“Masih ada formasi yang belum mencapai jumlah minimal pendaftar, makanya waktu pendaftaran ditambah satu minggu. Kalau nanti ternyata tidak bertambah, maka seleksi akan dilaksanakan dengan jumlah yang ada tersebut,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur, Alang Arianto di Sampit, Kamis (17/5).

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur membuka pendaftaran seleksi terbuka atau lelang pengisian enam jabatan pimpinan tinggi pratama setempat. Awalnya, pengumuman dan penerimaan berkas dilaksanakan sejak 17 April lalu hingga 15 Mei lalu.

Enam jabatan yang dilelang yaitu Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah, kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Hampir sebulan masa pendaftaran dibuka, ternyata jumlah pejabat yang mendaftar belum sesuai harapan. Tidak diketahui penyebab masih sedikitnya pejabat yang mendaftarkan diri sebagai peserta lelang jabatan.

Alang tidak menyebut jumlah total peserta yang sudah mendaftar, namun dia menyampaikan masih ada dua formasi yang calon pesertanya belum mencapai jumlah minimal. Yakni formasi Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah dan kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah.

“Harusnya setiap formasi itu minimal ada tiga peserta, sedangkan yang dua formasi itu masing-masing baru dua peserta. Tapi kalau nanti tidak ada bertambah, seleksi akan tetap dilaksanakan,” sambung Alang.

Lelang jabatan tidak hanya untuk mengisi jabatan yang belum ada pejabat definitifnya tetapi juga ada beberapa jabatan yang dievaluasi. Bagi pejabat yang jabatannya dievaluasi, diperkenankan ikut seleksi pada jabatan yang sama atau memilih jabatan yang lain.

Seleksi ini dilakukan secara terbuka sehingga boleh diikuti aparatur sipil negara dari daerah lain. Syaratnya, mereka harus mendapat persetujuan dari kepala daerah mereka.

Calon peserta maksimal berusia 56 tahun per 1 Juli 2018. Tahapan seleksi yang yang harus dilalui yaitu seleksi administrasi, seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural, tes kesehatan, tes kejiwaan dan tes bebas narkoba serta seleksi kompetensi bidang.

Lelang jabatan ini merupakan tahap pertama di tahun 2018 ini. Diperkirakan akan ada lelang jabatan berikutnya karena masih ada beberapa jabatan kepala satuan organisasi perangkat daerah yang masih dijabat seorang pelaksana tugas. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

Rayakan Keberkahan Bulan Mulia dengan Buka Bersama 2500 Yatim

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 2500 anak yatim mengikuti buka bersama yang diselenggarakan Bank BJB dan PKPU Human Initiative Jawa Barat, Rabu (23/5). Program tersebut...
Uang Rupiah

Rupiah Terus Melemah, Pemerintah Janji Akan Atasi

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan mengatasi pelemahan rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS). "Pemerintah bersama-sama Bank Indonesia akan...

Desa di Lereng Merapi Cek Kesiapan Barak Pengungsian

SLEMAN, SERUJI.CO.ID -  Pemerintah Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengecek kesiapan dan kelengkapan barak pengungsian yang ada di komplek Balai Desa...
bus

Bengkulu Mulai Uji Kelaikan Angkutan Lebaran

BENGKULU, SERUJI.CO.ID - Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Bengkulu mulai menggelar uji kelaikan kendaraan umum angkutan Lebaran 2018. Kepala Unit Pelaksana...

Menkeu: Utang Luar Negeri Indonesia Terus Turun

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan utang Indonesia terus mengalami tren penurunan dari tahun ke tahun. "Sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang keuangan,...