Pendaftar Lelang Jabatan di Kotawaringin Timur Masih Minim

SAMPIT, SERUJI.CO.ID – Seleksi terbuka atau lelang jabatan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah masih minim pendaftar, padahal batas akhir waktu penyerahan berkas peserta sudah semakin dekat.

“Mungkin masih banyak yang ragu-ragu dan sama-sama saling menunggu. Kami memprediksi pendaftar akan banyak di hari-hari terakhir penyerahan berkas,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur, Alang Arianto di Sampit, Senin (7/5).

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur membuka pendaftaran seleksi terbuka atau lelang pengisian enam jabatan pimpinan tinggi pratama setempat. Pengumuman dan penerimaan berkas dilaksanakan sejak 17 April lalu hingga 15 Mei.

Enam jabatan yang dilelang yaitu Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah, kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Lelang kali ini tidak hanya untuk mengisi jabatan yang belum ada pejabat definitifnya tetapi juga ada beberapa jabatan yang dievaluasi. Bagi pejabat yang jabatannya dievaluasi, diperkenankan ikut seleksi pada jabatan yang sama atau memilih jabatan yang lain.

Berdasarkan data, saat ini baru tiga peserta yang mendaftar. Yakni satu pendaftar untuk formasi jabatan Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah, satu pendaftar formasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, serta satu pendaftar formasi Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Diduga calon pendaftar masih sama-sama menunggu peserta lainnya yang sudah mendaftar. Tidak menutup kemungkinan ada pejabat yang berminat mendaftar, namun masih mempertimbangkan peluang masing-masing formasi dengan melihat jumlah peserta.

“Tidak perlu ragu. Kalau memang siap dan merasa berkompeten pada formasi itu, mendaftar saja. Sekarang atau nanti kan sama saja. Malah lebih awal ini lebih bagus karena lebih banyak waktu menyiapkan diri,” kata Alang.

Alang kembali menjelaskan, calon peserta maksimal berusia 56 tahun per 1 Juli 2018. Tahapan seleksi yang yang harus dilalui yaitu seleksi administrasi, seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural, tes kesehatan, tes kejiwaan dan tes bebas narkoba serta seleksi kompetensi bidang.

Seleksi ini dilakukan secara terbuka sehingga boleh diikuti aparatur sipil negara dari daerah lain, asalkan mendapat persetujuan dari kepala daerah mereka. Ini merupakan lelang jabatan pertama di tahun 2018 dan dipastikan akan ada lelang jabatan berikutnya, mengingat ada beberapa jabatan yang akan kosong dalam beberapa bulan ke depan karena pejabatnya pensiun.

Panitia seleksi diketuai Sekretaris Daerah Halikinnor dan Alang sebagai sekretaris. Sedangkan anggotanya yaitu Muhammad Yusuf yang merupakan mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur, Sonedi dari Universitas Muhammadiyah Palangka Raya dan Suhaimi yang merupakan mantan Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin.

Setelah penerimaan berkas, tahap selanjutnya adalah seleksi administrasi dan penelusuran rekam jejak peserta seleksi dilaksanakan pada 17 April sampai 18 Mei. Kemudian hasil seleksi administrasi diumumkan pada 21 Mei 2018.

Tahapan seleksi dilanjutkan dengan uji kompetensi manajerial dan sosial kultural pada 24-26 Mei dan hasilnya akan diumumkan pada 4 Juni. Penyampaian hasil tes kesehatan kejiwaan dan narkoba dilaksanakan pada 5 hingga 22 Juni.

Tahapan berikutnya yaitu seleksi kompetensi bidang atau teknis, meliputi paparan makalah dan wawancara akhir pada 25 hingga 26 Juni. Hasil akhir seleksi oleh panitia seleksi akan diumumkan pada 29 Juni 2018. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER