Pemprov Papua Dorong Pengembalian Fungsi Hutan

JAYAPURA, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua terus mendorong adanya upaya pengembalian fungsi hutan di wilayahnya sebab masih banyak warga yang belum menjaga kelestariannya dengan baik.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua Jan Jap Ormuseray di Jayapura, Jumat (27/4), mengatakan bahwa pengembalian fungsi hutan tersebut sudah menjadi rencana strategis dari Kementerian Kehutanan yang dilaksanakan pada setiap provinsi di Indonesia, khususnya Bumi Cenderawasih.

“Seperti yang diketahui bersama, fungsi hutan yang pertama, yakni bagaimana hutan ini memberikan makan dan meningkatkan kesejahteraan, perekonomian suatu daerah,” katanya.

Menurut Jan, sayangnya masyarakat masih fokus dalam memanfaatkan hutan saja dan belum mengupayakan langkah-langkah pelestariannya dengan baik.

“Khusus di Papua sendiri, pemanfaatan sumber daya alam hutan ini memang belum dikelola secara baik oleh masyarakat, padahal dari hasilnya banyak manfaat untuk mendukung sektor ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa pengembalian fungsi hutan dan pemanfaatannya untuk masyarakat tersebut terus menjadi perhatian serius Pemprov Papua.

“Hasil hutan di Papua ini menjadi manfaat yang luar biasa bagi peningkatan ekonomi masyarakat dengan tidak terlepas dari pengembalian fungsi hutan itu sendiri untuk kelestarian lingkungan hidup,” katanya lagi.

Hal itu, kata dia, juga merupakan permintaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI untuk mengembalikan fungsi hutan secara baik di Provinsi Papua. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

GOLPUT: Halal Versus Haram, dan Gerakan Ayo Memilih

Di tahun 2019, kita mencatat ikhtiar gerakan anti Golput yang unik di Indonesia. Promotornya Jeune and Raccord Communication. Tiga anak muda memulai gerakan ini: Monica JR, Riries Puri, Arie Prijono.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER