Pemkot Palu Gagas Raperda Pemenuhan Hak Anak

0
34

PALU, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, mulai menggagas rancangan peraturan daerah tentang pemenuhan hak anak, sebagai bentuk komitmen perlindungan dan pemenuhan hak anak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, Kamis (12/4) mengakui bahwa saat ini pihaknya tengah menggodok rancangan peraturan daerah tentang pemenuhan hak anak.

Naskah akademik rancangan peraturan daerah tersebut tengah di susun, melibatkan pihak akademisi, ucapnya.

Dia mengatakan ranperda pemenuhan hak anak mengacu pada beberapa aturan atau ketentuan perundang-undangan diatasnya salah satunya mengenai perlindungan anak.

Hal itu berangkat dari dinamika dan peristiwa yang menjadi fakta bahwa sebahagian anak belum mendapatkan hak yang semestinya, yang sejalan dengan konstitusi negara.

“Anak harus mendapatkan hak-nya, hak pendidikan dan pengayoma dan segalanya. Karena itu harus ada regulasi yang mengatur secara khusus mengenai pelaksanaan pemenuhan hak anak,” ujarnya.

Rancangan peraturan daerah tersebut, akui dia, juga sebagai bentuk agar anak tidak terlibat dalam pergaulan bebas dan tindakan negatif, baik yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Disisi lain, urai dia, rancangan peraturan tersebut juga memuat tentang peran orang tua di rumah tangga/keluarga dalam pemberian atau pemenuhan hak anak.

“Perlu ada penguatan nilai-nilai keluarga atau rumah tangga. Karean itu orang tua harus berperan aktiv dalam melindungi anak serta memenuhi hak anak,” sebutnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa angka kekerasan terhadap anak langsung atau tidak langsung, kekerasan fisik dan psikis di Kota Palu masih tinggi.

“Iya. ada anak yang menjadi korban dari kekerasan maupun anak yang menjadi pelaku,” katanya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...