Pemkot Palu Gagas Raperda Pemenuhan Hak Anak

0
11

PALU, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, mulai menggagas rancangan peraturan daerah tentang pemenuhan hak anak, sebagai bentuk komitmen perlindungan dan pemenuhan hak anak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, Kamis (12/4) mengakui bahwa saat ini pihaknya tengah menggodok rancangan peraturan daerah tentang pemenuhan hak anak.

Naskah akademik rancangan peraturan daerah tersebut tengah di susun, melibatkan pihak akademisi, ucapnya.

Dia mengatakan ranperda pemenuhan hak anak mengacu pada beberapa aturan atau ketentuan perundang-undangan diatasnya salah satunya mengenai perlindungan anak.

Hal itu berangkat dari dinamika dan peristiwa yang menjadi fakta bahwa sebahagian anak belum mendapatkan hak yang semestinya, yang sejalan dengan konstitusi negara.

“Anak harus mendapatkan hak-nya, hak pendidikan dan pengayoma dan segalanya. Karena itu harus ada regulasi yang mengatur secara khusus mengenai pelaksanaan pemenuhan hak anak,” ujarnya.

Rancangan peraturan daerah tersebut, akui dia, juga sebagai bentuk agar anak tidak terlibat dalam pergaulan bebas dan tindakan negatif, baik yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Disisi lain, urai dia, rancangan peraturan tersebut juga memuat tentang peran orang tua di rumah tangga/keluarga dalam pemberian atau pemenuhan hak anak.

“Perlu ada penguatan nilai-nilai keluarga atau rumah tangga. Karean itu orang tua harus berperan aktiv dalam melindungi anak serta memenuhi hak anak,” sebutnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa angka kekerasan terhadap anak langsung atau tidak langsung, kekerasan fisik dan psikis di Kota Palu masih tinggi.

“Iya. ada anak yang menjadi korban dari kekerasan maupun anak yang menjadi pelaku,” katanya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
KPU

KPU Banjarmasin Akan Gelar Pentas Budaya

BANJARMASIN, SERUJI.CO.ID- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin akan menggelar pentas budaya di Siring Sungai Martapura di Jalan RE Martadinata atau depan Balaikota, Sabtu...

Muspida Cianjur Berkomitmen Berantas Miras

CIANJUR, SERUJI.CO.ID - Muspida dan MUI Cianjur, Jawa Barat, berkomitmen untuk memberantas miras dan oplosan dengan cara meningkatkan razia gabungan diberbagai wilayah setiap pekannya. Bahkan kegiatan...

Operasi Gempur Temukan 45.020 Batang Rokok Ilegal

TUAL, SERUJI.CO.ID - Operasi Gempur yang dilancarkan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai di Kabupaten Maluku Tenggara, Kota Tual, dan Dobo, ibu kota Kabupaten Kepulauan Aru...

Polsek Ubud Tangkap Warga Australia Aniaya Pacar

UBUD, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Sektor Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, menangkap warga negara Australia berinisial AH yang diduga telah melakukan penganiayaan terhadap kekasihnya Agniezka Krzystofowicz...

Bom Perang Dunia Kedua Ditemukan Dekat KBRI Berlin

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kedutaan Besar RI di Berlin sementara tidak buka pada Jumat (20/4) karena otoritas setempat akan mengevakuasi bom sisa Perang Dunia II...