Pemkot Palu Gagas Raperda Pemenuhan Hak Anak

PALU, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, mulai menggagas rancangan peraturan daerah tentang pemenuhan hak anak, sebagai bentuk komitmen perlindungan dan pemenuhan hak anak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, Kamis (12/4) mengakui bahwa saat ini pihaknya tengah menggodok rancangan peraturan daerah tentang pemenuhan hak anak.

Naskah akademik rancangan peraturan daerah tersebut tengah di susun, melibatkan pihak akademisi, ucapnya.

Dia mengatakan ranperda pemenuhan hak anak mengacu pada beberapa aturan atau ketentuan perundang-undangan diatasnya salah satunya mengenai perlindungan anak.

Hal itu berangkat dari dinamika dan peristiwa yang menjadi fakta bahwa sebahagian anak belum mendapatkan hak yang semestinya, yang sejalan dengan konstitusi negara.

“Anak harus mendapatkan hak-nya, hak pendidikan dan pengayoma dan segalanya. Karena itu harus ada regulasi yang mengatur secara khusus mengenai pelaksanaan pemenuhan hak anak,” ujarnya.

Rancangan peraturan daerah tersebut, akui dia, juga sebagai bentuk agar anak tidak terlibat dalam pergaulan bebas dan tindakan negatif, baik yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Disisi lain, urai dia, rancangan peraturan tersebut juga memuat tentang peran orang tua di rumah tangga/keluarga dalam pemberian atau pemenuhan hak anak.

“Perlu ada penguatan nilai-nilai keluarga atau rumah tangga. Karean itu orang tua harus berperan aktiv dalam melindungi anak serta memenuhi hak anak,” sebutnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa angka kekerasan terhadap anak langsung atau tidak langsung, kekerasan fisik dan psikis di Kota Palu masih tinggi.

“Iya. ada anak yang menjadi korban dari kekerasan maupun anak yang menjadi pelaku,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

BUMN, Pseudo CEO, dan Efek Negatifnya

vonis hakim menunjukkan bahwa sejatinya Karen bukan direktur sesungguhnya. Bukan direktur utama yang sesungguhnya. Bukan CEO. Karen hanyalah seorang direktur semu. Seorang direktur-direkturan.

Pendidikan Untuk Merdeka

Pada saat pemimpin Jepang sudah memvisikan sebuah masyarakat baru Society 5.0, apakah kita saat ini, sebagai bangsa, sebagai ummat, berada pada jalur yang benar menuju puncak kejayaan menjadi bangsa yang berdaulat, adil dan makmur, serta cerdas?

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

TERPOPULER