Pemkot Makassar Pastikan Program Pembentukan Karakter Anak Berjalan

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Makassar memastikan bahwa program pembentukan karakter anak sudah mulai berjalan di sekolah-sekolah, khususnya tingkat Sekolah Dasar.

Pelaksana Tugas Wali Kota Makassar Syamsu Rizal M.I pada Selasa (3/4) meninjau langsung proses belajar mengajar di salah satu sekolah unggulan, yakni di SD Mangkura.

“Salah satu program jangka panjang kita yakni memastikan program pembentukan karakter itu berjalan di semua sekolah dan kunjungan mendadak saya ini juga untuk memastikan itu,” ujarnya.

Dengan didampingi Kepala SD Negeri Mangkura I Syahrir Malle dan Kepsek Mangkura IV Basri Kamaruddin, ia meninjau beberapa fasilitas sekolah, seperti ruangan belajar, kantin sehat, dan beberapa fasilitas sekolah lainnya.

Dari pantauannya itu, ia mendapati salah satu ruangan kelas yang sedang tertutup rapat. Ia kemudian membuka pintu tersebut dan mendapati di dalam ruang kelas sedang berlangsung shalat duha secara berjamaah.

Melihat hal tersebut, seketika Deng Ical — sapaan akrab Syamsi Rizal– langsung mengambil telepon pintar dari saku celananya untuk mengabadikan momentum tersebut.

“Program pembentukan karakter anak melalui shalat duha berjamaah dan beberapa kegiatan lainnya sudah berjalan di sekolah-sekolah. Kita harap semua sekolah SD juga sudah melakukannya,” katanya.

Dia mengatakan pembentukan karakter anak pada usia dini sebagai hal penting sebab anak merupakan generasi penerus bangsa. Mereka membutuhkan bekal bagi kehidupan sosialnya pada masa mendatang.

“Saya melihat program shalat duha berjamaah di SDN Mangkura sudah rutin dilaksanakan dengan setiap hari. Selain shalat duha dan mengaji, guru-guru juga mewajibkan siswa-siswi untuk melakukan shalat duhur dan azar berjamaah,” katanya.

Syamsu yang juga Ketua PMI Makassar itu, juga mengunjungi kantin sehat milik SDN Mangkura yang menyediakan menu makanan dan minuman yang sehat.

“Kantin sehat ini mantap sekali. Dengan adanya kantin ini mengajarkan anak-anak kita arti hidup sehat dan bersih,” ucapnya.

Kepala SDN Mangkura I Syahrir Malle mengaku bahwa program shalat duha ini sudah rutin dilakukan sejak beberapa tahun terahkir.

“Shalat duha ini sudah rutin dilaksanakan di dalam kelas, tetapi untuk shalat duha berjamaah baru mulai dilaksanakan di lapangan pada hari Jumat,” tuturnya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER