Pemkab Lembata Berlakukan Tanggap Darurat Gempa

KUPANG, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Lembata mengeluarkan pernyataan Tanggap Darurat Bencana Gempa Lembata pascasemakin meningkatnya gelombang pengungsi gempa di daerah itu.

“Sampai Kamis (12/10) jumlah pengungsi sudah mencapai 2.172 jiwa oleh karena itu kami mengeluarkan pernyataan bencana,” kata Bupati Eliazer Yentji Sunur saat di hubungi dari Kupang, Jumat (13/10).

Disamping karena semakin meningkatnya jumlah pengungsi, hal lain yang membuat Pemerintah setempat mengeluarkan pernyataan bencana karena melihat struktur permukaan dengan dominasi batu bolder yang tak saling mengikat telah rubuh menimpa rumah warga.

Walaupun dari gempa yang telah terjadi sejak Selasa (11/10) lalu intensitasnya kecil namun karena porositas tanah juga tidak kompak sehingga banyaknya longsor dan bebatuan terus berjatuhan.

“Sampai dengan saat ini kami masih terus berkonsentrasi pada evakuasi warga. Untuk perbaikan rumah warga kami akan lakukan setelah semuanya aman,” tambahnya.

Sementara itu Wakil Bupati Lembata Thomas Ola juga menambahkan bantuan-bantuan masih dibutuhkan oleh para pengungsi hingga saat ini.

“Para pengungsi masih membutuhkan banyak bantuan mulai dari sikat gigi dan odol, handuk, selimut, perlengkapan perempuan dan balita, serta buku bacaan untuk anak-anak,” tambahnya.

Sementara itu data yang diperoleh Antara dari Posko Induk Operasi Tanggap Darurat Gempa Lembata jumlah pengungsi 2.172 jiwa terdiri dari 735 laki-laki, 948 perempuan dan tersebar di lima titik pengungsian, yakni Di Desa Tanjung Tuak, Kantor Camat Ile Ape di Desa Laranwutun, Kota Lewoleba dan Kedang.

Para pengungsi itu berasal dari 10 desa, yakni Napasabok, 559 jiwa, Lamagute 351 jiwa, Waimatan 436 jiwa, Lamawolo 289 jiwa, Jontona 12 jiwa, Lamatokan 24 jiwa, BungaMuda 126 jiwa, Lamawara 363 jiwa dan Aulesa 12 jiwa.

Saat ini para pengungsi itu tersebar di lima titik yakni Desa Tanjung Tuak, Kantor Camat Ile Ape, Kota Lewoleba, dan Kedang dan Desa Todanara. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER