Pemkab Kotawaringin Timur Larang Pemasangan Reklame Rokok

SAMPIT, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, berencana akan melarang pemasangan reklame rokok di daerah itu.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kotawaringin Timur Dadang H Syamsu di Sampit, Selasa (6/3), mengatakan Rancangan Peraturan Daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok selesai dibahas dan saat ini sedang dalam tahap proses konsultasi di Biro Hukum Pemerintah Provinsi Kalteng.

“Harapan kita raperda yang kita ajukan tersebut tidak terlalu banyak mengalami koreksi sehingga tidak perlu lagi dilakukan perubahan atau perbaikan,” tambahnya.

Dengan tidak banyaknya perbaikan diharapkan raperda tersebut bisa segera ditetapkan sebagai perda dan menjadi dasar hukum larangan pemasangan iklan rokok.

“Kita pastikan larangan pemasangan iklan rokok nantinya tidak akan merugikan daerah terutama dari segi pendapatan asli daerah (PAD) dari pajak iklan tersebut,” katanya.

Dadang mengatakan, berdasarkan informasi dari pihak perizinan dalam satu tahun retribusi dari iklan rokok hanya sebesar Rp400 juta.

“Jadi meski iklan rokok nantinya tidak ada lagi masih bisa ditutupi dari sektor lain sehingga daerah tidak rugi,” jelasnya.

Keputusan penetapan larangan pemasangan iklan rokok adalah untuk menghindari dan mencegah bertambahnya perokok pemula.

Larangan pemasangan iklan rokok mendapat dukungan Dinas Kesehatan, Perizinan, dan Badan Pendapatan Daerah sehingga menjadi keputusan bersama.

“Kami berharap Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok nantinya benar-benar diterapkan di lapangan. Hal itu dilakukan untuk memberikan perlindungan kesehatan terhadap masyarakat,” tegasnya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Buruh, Rumah dan Kejahatan Negara

Kementerian kesehatan merilis 6771 KK buang air besar sembarangan di Bekasi. Menjijikkan tentunya. Namun, disebelah kota Bekasi, Kerawang, Luhut Binsar Pandjaitan telah melakukan "topping off" perumahan dan kawasan bisnis Meikarta, dengan nilai projek 20 miliar dolar AS, atau sekitar Rp300 Triliun

Zero Black Out, Mampukah PLN?

Black out tidak disebut secara eksplisit. Hanya menjadi bagian jabaran risiko produksi/operasi yaitu kerusakan peralatan. Inilah  masalah pokoknya. Sesuatu yang berakibat fatal tidak diidentifikasi secara cukup dalam dokumen rencana stratejik jangka panjang PLN.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER