Pemkab Kotawaringin Timur Janji Permudah Izin UMKM

SAMPIT, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah menjanjikan kemudahan pembuatan izin terhadap pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Wakil Bupati Kotim, Muhammad Taufiq Mukri di Sampit, Senin (30/4) mengatakan, fasilitas kemudahan itu diberikan agar dapat merangsang minat pelaku UMKM mengurus perizinannya.

“Legalitas sebuah usaha sangat penting, untuk itu kami akan memfasilitasi semua yang diperlukan pelaku UMKM,” ucapnya.

Perizinan erat kaitannya dengan pejak. Dengan dibayarnya pajak maka ada nilai tambah bagi daerah di sektor sumber pendapatan asli daerah (PAD).

Menurut Taufiq Mukri, pemerintah berkomitmen akan terus mendorong, membina dan membangkitkan pelaku UMKM agar berkembang dengan baik.

“UMKM merupakan ujung tombak perekonomian daerah, untuk itu keberadaannya harus didukung dan diberikan pembinaan agar dapat berkembang,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Imdustri (Kadin) Kotawaringin Timur Susilo mengatakan, perkembangan UMKM di daerah itu cukup lamban, hal itu karena kurangnya pembinaan dan tingkat ke kreatifpan pelaku UMKM juga rendah.

“Data yang ada di kami, di Kotawaringin Timur ini ada sebanyak 800 pelaku UMKM. Dari jumlah itu yang aktif hanya sekitar 200 UMKM, dan yang benar-benat menjalankan bisnisnya cuma 50 UMKM,” terangnya.

Susilo berharap dengan adanya pembinaan dari pemerintah UMKM yang saat ini hidup segan mati pun tidak mau bisa bangkit dan berkembang.

“Berbagai terobosan telah kami lakukan untuk membangkitkan semangat dan kreatifitas UMKM, salah satunya dengan mengundang beberapa pelaku UMKM yang telah maju dari daerah lain, seperti pulau Jawa dalam kegiatan pameran. Dari situ diharapkan terjadi pertukaran pengalaman dan hingga terjadi jalinan kerja sama,” demikian Susilo. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ahmad Dhani The Warrior

Jika John Lennon mampu menciptakan "protest song" seperti "Give peace a chance" atau "imagine", tanpa penderitaan di penjara, maka Dhani akan mampu lebih hebat dari Lennon. Maksudnya, dia selain penggubah lagu/syair dan penyanyi, akan sekaligus menjadi sang pejuang. Ahmad Dhani The Warrior.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close