Pemkab Kotawaringin Timur Janji Permudah Izin UMKM

SAMPIT, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah menjanjikan kemudahan pembuatan izin terhadap pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Wakil Bupati Kotim, Muhammad Taufiq Mukri di Sampit, Senin (30/4) mengatakan, fasilitas kemudahan itu diberikan agar dapat merangsang minat pelaku UMKM mengurus perizinannya.

“Legalitas sebuah usaha sangat penting, untuk itu kami akan memfasilitasi semua yang diperlukan pelaku UMKM,” ucapnya.

Perizinan erat kaitannya dengan pejak. Dengan dibayarnya pajak maka ada nilai tambah bagi daerah di sektor sumber pendapatan asli daerah (PAD).

Menurut Taufiq Mukri, pemerintah berkomitmen akan terus mendorong, membina dan membangkitkan pelaku UMKM agar berkembang dengan baik.

“UMKM merupakan ujung tombak perekonomian daerah, untuk itu keberadaannya harus didukung dan diberikan pembinaan agar dapat berkembang,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Imdustri (Kadin) Kotawaringin Timur Susilo mengatakan, perkembangan UMKM di daerah itu cukup lamban, hal itu karena kurangnya pembinaan dan tingkat ke kreatifpan pelaku UMKM juga rendah.

“Data yang ada di kami, di Kotawaringin Timur ini ada sebanyak 800 pelaku UMKM. Dari jumlah itu yang aktif hanya sekitar 200 UMKM, dan yang benar-benat menjalankan bisnisnya cuma 50 UMKM,” terangnya.

Susilo berharap dengan adanya pembinaan dari pemerintah UMKM yang saat ini hidup segan mati pun tidak mau bisa bangkit dan berkembang.

“Berbagai terobosan telah kami lakukan untuk membangkitkan semangat dan kreatifitas UMKM, salah satunya dengan mengundang beberapa pelaku UMKM yang telah maju dari daerah lain, seperti pulau Jawa dalam kegiatan pameran. Dari situ diharapkan terjadi pertukaran pengalaman dan hingga terjadi jalinan kerja sama,” demikian Susilo. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Demikian Mudah Dikenali Sebagai Hoaks, Info 7 Kontainer Surat Suara Masih Telan “Korban”

Yang membuat saya heran, kenapa para politisi, terutama yang menyebarkan info hoaks ini di akun media sosial (walau dalam bentuk tanya sekalipun) tidak mengenali bahwa info ini adalah hoaks?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER