Pemerintah Tambah Rute Penerbangan Perintis dari Timika

0
65
bandara timika
Bandara Mozes Kilangin Timika. (foto: istimewa)

TIMIKA, SERUJI.CO.ID – Pemerintah menambah rute penerbangan perintis penumpang maupun kargo dari Bandara Mozes Kilangin Timika, Kabupaten Mimika, ke berbagai kabupaten tetangga, yang didukung dana subsisi di tahun anggaran 2018.

Kepala UPTD Bandara Mozes Kilangin Timika Soeekarjo di Timika, Sabtu (23/12), subsidi yang diberikan pemerintah pusat bukan hanya untuk angkutan perintis dan kargo namun juga untuk subsidi konektifitas tol laut dan jembatan udara.

“Kalau untuk subsidi perintis penumpang menjadi 26 rute, untuk subsidi perintis kargo menjadi 13 dan subsidi konektifitas tol laut dan jembatan udara menjadi dua rute,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa untuk subsidi jembatan udara yang pada 2017 hanya satu rute yaitu dari Timika ke Wamena kabupaten Jayawijaya akan ditambah menjadi rute Timika ke Dekai Kabupaten Yahukimo.

Sedangkan keterlambatan realisasi subsidi penerbangan kargo dalam rangka jembatan udara dari Timika terkendala keputusan Presiden terkait rute dan hal-hal lain yang berkaitan dengan program tol udara.

Selain itu, kesiapan para bupati sebagai penyedia barang yang diangkut dari Timika juga menjadi kendala lain, mengingat hal yang berkaitan dengan penyediaan barang adalah tanggung jawab pemkab setempat.

Selain penambahan rute penerbangan yang disubsidi oleh pemerintah pusat, Pemkab Mimika juga mendapat alokasi dana transfer daerah tahun anggaran 2018 untuk penyelesaian pembangunan terminal Bandara Mozes Kilangin.

“Secara detail kami belum tahu anggaran yang akan ditransfer berapa dari pusat untuk subsidi dan penyelesaian terminal. Namun yang kami pastikan 2018 nanti terminal baru bandara Mozes Kilangin rampung dikerjakan,” pungkasnya. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
bambang soesatyo

DPR Minta Kemenag Beri Penjelasan Terkait Rekomendasi 200 Mubaligh

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Agama menjelaskan terkait kebijakan mengeluarkan rekomendasi 200 nama mubaligh, agar tidak terjadi keresahan di...
operasi pasar

Bulog Siapkan Operasi Pasar Antisipasi Lonjakan Harga Sembako

TANGERANG, SERUJI.CO.ID - Aparat Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Tangerang, Banten, mempersiapkan operasi pasar (OP) sebagai antisipasi lonjakan harga sembako di pasar tradisional dan pusat...

Fitriani Gagal Rebut Angka Pertama Piala Uber Lawan Malaysia

BANGKOK, SERUJI.CO.ID - Pemain Indonesia Fitriani gagal meraih angka pertama bagi tim putri Indonesia, setelah menyerah kepada Soniia Cheah dari Malaysia 21-10, 17-21, 14-21...
tenaga kerja asing

Terkait Serbuan TKA, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

PADANG, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi menanggapi isu maraknya serbuan tenaga kerja asing khususnya dari China dalam kunjungan kerjanya ke Padang, Senin (21/5), setelah salah...

Dikalahkan Persela Lamongan, Persija Ajukan Protes ke PSSI

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persija Jakarta secara resmi mengajukan protes resmi kepada Komisi Disiplin PSSI dan PT Liga Indonesia Baru terkait kepemimpinan wasit Annas Apriliandi...