Pemerintah Kembali Tutup 3 Lokalisasi Prostitusi di Kotawaringin Barat

KOTAWARINGIN BARAT, SERUJI.CO.ID – Pemerintah kembali menutup tiga lokalisasi prostitusi yakni di Dukuh Mola, di Simpang Kodok dan di RT 12 Desa Sungai Pakit, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

“Sejak dimulai komitmen Indonesia bebas lokalisasi prostitusi pada 2013 pemerintah sudah menutup 148 lokalisasi seluruh Indonesia maka tersisa 20 lokalisasi,” kata Direktur Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang Kemensos, Sonny W Manalu di Kotawaringin Barat, Selasa (15/5).

Penutupan tersebut didukung oleh Kementerian Sosial dimana Menteri Sosial Idrus Marham direncanakan hadir dalam deklarasi dukungan di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat.

Penutupan lokalisasi yang berada di Kotawaringin Barat merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Nasional Penanganan Prostitusi Menuju Indonesia Bebas Lokalisasi Prostitusi Tahun 2019 yang dilaksanakan di Jakarta pada 19 April 2018 yang dihadiri bupati/wali kota dan kepala dinas sosial provinsi serta kepala dinas sosial kabupaten/kota yang di wilayahnya masih terdapat lokalisasi prostitusi.

Penutupan lokalisasi didasarkan pada sejumlah pertimbangan, di antaranya, prostitusi adalah perbuatan amoral, bertentangan dengan ajaran agama, juga mengandung unsur perdagangan orang (trafficking), dan perbudakan perempuan. Dengan demikian, negara harus hadir memeranginya.

Dengan ditutupnya tiga lokalisasi tersebut, pemerintah akan memulangkan sebanyak 70 orang wanita eks penghuni lokalisasi kembali ke keluarganya.

Kementerian Sosial akan menyiapkan dana pendukung sesuai tugas dan fungsinya, baik berkaitan dengan bantuan stimulan usaha, bantuan jaminan hidup, maupun transport lokal.

“Di daerah asalnya, kita mengharapkan para wanita eks penghuni lokalisasi dapat melakukan dan mengembangkan kewirausahaan usaha ekonomi produktif,” kata Sonny.

Kementerian Sosial bersama pemerintah daerah dapat melakukan berbagai intervensi program, baik melalui Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Kartu Indonesia Sejahtera, Kartu Indonesia Sehat, bahkan Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Dengan ditutupnya tiga lokalisasi di Kotawaringin Barat, maka Kementerian Sosial telah berhasil mendukung penutupan 151 lokalisasi dari total jumlah 168 lokalisasi prostitusi di seluruh Indonesia.

Dengan demikian tersisa 17 lokalisasi di 10 provinsi 15 kabupaten/kota yang belum ditutup. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER