Pasca Banjir di Muntok, Pondasi Jembatan Belo Laut Pecah

MUNTOK, SERUJI.CO.ID – Pondasi Jembatan Belo Laut Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, saat ini kondisinya banyak pecah pascabanjir yang terjadi pada Ahad (11/3).

“Pondasi pecah dan ada beberapa bagian yang turun mengakibatkan badan jembatan semakin miring, jika tidak segera ditangani semakin membahayakan para pelintas,” kata warga Desa Belo Laut, Suhaidir di Muntok, Senin (12/3).

Jembatan Belo Laut berada di jalur utama yang menghubungkan beberapa desa padat penduduk di pesisir selatan Kabupaten Bangka Barat dengan Muntok sebagai ibu kota kabupaten.

Pada hari pertama pasca banjir besar, tampak pelintas bersepeda motor masih memaksakan diri melewati jembatan tersebut, baik yang dari arah Muntok maupun sebaliknya.

Beberapa pengendara kendaraan roda empat juga terlihat ingin melintas jembatan, namun dicegah warga untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan yang semakin parah.

“Kemarin saat banjir hanya terlihat sedikit bergeser, namun setelah air surut ternyata pondasi banyak pecah dan badan jembatan turun hingga sekitar 15 centimeter,” katanya.

Dengan kondisi jembatan yang semakin rusak dan membahayakan pelintas, dia mengimbau agar para pesepeda motor waspada saat menyeberangi jembatan dan melintas satu-satu.

Suhaidir yang saat ini menjabat sebagai Direktur Lembaga Kelautan dan Perikanan Indonesia (LKPI) Kabupaten Bangka Barat tersebut akan terus bekerjasama dengan warga sekitar untuk melakukan pemantauan di sekitar jembatan dan membantu mengatur lalu lintas.

“Kami minta warga berhati-hati apalagi saat ini hujan masih terjadi, meskipun tidak terlalu lebat namun bisa saja air kiriman dari atas cukup deras menggesek pondasi yang ditakutkan akan semakin merusak jembatan,” kata dia. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Form Konsultasi Hukum SERUJI

Untuk berkonsultasi dengan para pakar pengasuh rubrik "Konsultasi Hukum SERUJI" (KHS) silahkan isi form ini selengkap mungkin dan dengan data yang benar. Seluruh data kami jamin terjaga kerahasiaannya.

Katakanlah dengan Meme: Genre Baru Komunikasi Politik

Meme politik, bagaimana pengaruhnya dalam perpolitikan terkini

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.