Pantai Balikpapan Bersih dari Tumpahan Minyak

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyebutkan pantai-pantai Balikpapan sudah kembali bersih dari tumpahan minyak.

“Warga sudah bisa kembali menikmati pantai, silakan,” katanya di Balikpapan, Senin (9/4).

Setelah ditumpahi minyak mentah dari pipa bawah laut milik PT Pertamina yang patah Sabtu (31/3), Teluk Balikpapan dan perairan Selat Makassar di muara Teluk Balikpapan tercemar zat berwarna hitam, kental, dan berbau menyengat seperti bahan bakar minyak jenis solar.

Sepekan penuh upaya pembersihan yang dilakukan oleh Pertamina, Chevron, serta Petrosea, dan ribuan warga Balikpapan, baik secara teknis maupun manual sehingga mempercepat pembersihan.

Untuk memastikan kondisi perairan Teluk Balikpapan dan sekitarnya, Pertamina memantau dari udara untuk mendapatkan pemandangan yang lebih luas.

Selain itu, kapal-kapal patroli juga dikerahkan untuk melihat lebih dekat.

“Dari hasil pengecekan langsung ke lapangan dan pengambilan gambar dari udara didapatkan hasil garis pantai Balikpapan sudah bersih dari ceceran minyak,” kata Region Manager Commucation and CSR Kalimantan PT Pertamina (Persero) Yudi Nugraha di Balikpapan, Senin (8/4).

Karena itu Pertamina mengurangi jumlah kapal yang beroperasi membersihkan teluk, dari 21 unit menjadi 17 unit, dan personel dari 234 menjadi 170 orang.

Pertamina terus melakukan monitoring dan pengetesan kondisi udara. Pada Ahad (8/4), di Balikpapan Barat kadar oksigen berada di dalam batas normal yaitu 19,23 persen, kadar karbon di bawah 20 ppm, combustible gas (gas yang mudah terbakar selain oksigen) di bawah 5 persen Level Explosive Limit (LEL), dan H2S di bawah 10 ppm.

Yudi menjelaskan fokus pembersihan sekarang adalah di wilayah pemukiman penduduk seperti Kampung Atas Air Margasari hingga Kampung Baru Ujung.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Memaknai Indonesia

Refleksi Akhir Tahun Pendidikan

Persekolahan tidak pernah dirancang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

TERPOPULER