MUI Palu: Label Halal Jangan Dimanfaatkan untuk Kepentingan Tertentu

PALU, SERUJI.CO.ID – Majelis Ulama Indonesia Kota Palu, Sulawesi Tengah menyatakan bahwa label halal yang tertera pada setiap produk makanan, minuman, obat-obatan dan sebagainya itu jangan hanya sebatas simbol untuk meraih simpati konsumen Muslim.

Ketua MUI Kota Palu Prof.Dr.H.Zainal Abidin.M.Ag di Palu, Rabu (7/3) mengemukakan label halal yang tertera di produk harus diikutkan dengan pembuktian adanya sertifikat halal.

“Jangan label halal hanya dimanfaatkan untuk kepentingan tertentu. Label halal harus diikutkan dengan seritifkat halal,” ucapnya.

Setiap pelaku usaha harus memastikan bahwa produk yang diperdagangkan disertai label halal, harus memiliki sertifikat halal.

Namun produk tidak cukup dikatakan halal bila hanya mencantumkan label halal dan memiliki sertifikat halal.

Olehnyam, urai dia, harus dengan proses – proses dalam pembuatan suatu produk, yang harus benar – benar bersih dan suci, tanpa terkontaminasi dengan hal – hal yang diduga ‘haram’.

“Tidak cukup hanya dengan label dan sertifikat halal. Pelaku usaha harus benar-benar memastikan bahwa produk yang diperdagangkan tidak terkontaminasi dengan unsur-unsur yang haram,” tegasnya.

Pakar Pemikiran Islam Modern ini menyatakan, sebelum pelaku usaha mengantongi sertifikat halal, maka setiap produk yang dimohonkan harus melalui uji kesehatan dari Dinas Kesehatan.

Begitu pula, bila makanan, minuman dan obat – obatan harus melalui uji dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan kerjasama Dinas Kesehatan.

“Perlu ada kajian dari instansi – instansi terkait atas permohonan pelaku usaha mengenai ke-halal-an, suatu produk. Ini penting,” urainy.

Lanjut dia mengatakan kebersihan dan kesehatan serta yang mendongkrak ke-halal-an suatu produk, akan memberikan dampak yang besar terhadap masyarakat atau konsumen.

“Apa yang kita konsumsi akan menjadi darah dan daging. Ketika menjadi darah dan daging maka berpengaruh terhadap karakter dan perilaku, serta intelektualitas seseorang,” terangnya.

Lebih lanjut dia menerangkan suatu produk yang mencantumkan label halal, akan mendapat minat yang besar dari masyarakat. Dikarenakan, di Indonesia mayoritas Islam. Karena itu, label halal harus memberi kepastian bahwa produk tersebut tidak terkontaminasi dengan hal – hal yang diduga ‘haram’.

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Sulawesi Tengah menghadirkan Ketua MUI Prof Dr H Zainal Abidin MAg untuk menjelaskan tentang proses sertifikasi halal, serta pentingnya kehalalan suatu produk yang diperdagangkan oleh pelaku usaha, pada sosialisasi peningkatan kualitas produk unggulan koperasi, melalui hak paten, merk dan sertifikasi halal, di Swisbell Hotel Palu, Selasa.

Sosialisasi peningkatan kualitas produk unggulan koperasi melalui hak paten, merk dan sertifikasi halal, diikuti 40 peserta pelaku usaha yang tergabung dalam koperasi. Sosialisasi itu juga menghadirkan Kementerian Hukum dan HAM, MUI sebagai narasumber. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Politisi Kampungan

Mengarahkan Gerakan NKRI Bersyariah

Walau begitu, sekali lagi percayalah bahwa perjuangan Islam politik untuk menjadikan Indonesia sebagai negara Islam tak akan pernah mati. Ia akan terus bermetamorfosa dan tersimpan rapi dalam memori kolektif kelompok Islam politik.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER