Material Longsor Gunung Ile Lewotolok Timbuni Jalan

0
26
Ile Lewotolok
Gunung Ile Lewotolok. (Foto: Istimewa)

KUPANG, SERUJI.CO.ID – Material longsoran Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur berupa bebatuan sebagai akibat guncangan gempa bawah laut yang terus terjadi hingga Rabu (11/10), telah menutup sejumlah akses jalan di wilayah itu.

“Selain rumah penduduk yang jadi korban, sejumlah akses jalan di beberapa titik desa seputaran lereng gunung itu juga tertutup timbunan bebatuan,” kata Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday dari Lewoleba ibu kota Kabupaten Lembata, Rabu (11/10).

Dia menyebut, salah satu titik ruas jalan yang tertimbun material longsoran, yaitu berada di lintasan Desa Lamagute menuju Waimatan sejauh dua kilometer jaraknya.

Meskipun lintasan ini bukan menjadi satu-satunya akses utama di seputaran lerang itu, namun sudah mengganggu sejumlah aksi pemerintah termasuk melakukan evakuasi penduduk.

Dengan kondisi alamnya yang cukup sulit itu, alat berat yang akan diturunkan untuk menata kembali akses jalan itupun tidak mampu dilakukan.

“Bagaimana ke bawah perkampungan dan ke atasnya tebing curam. Memang situasinya sangat sulit,” katanya.

Warga yang biasa mengakses jalan itu, sudah dimintakan untuk mengambil jalur jalan lain ke lokasi lapangan kecamatan untuk selanjutnya akan diangkut kendaraan dan dievakuasi ke tempat aman.

“Sejak semalam sudah kami ingatkan warga untuk segera mencari jalan lain agar kendaraan yang akan menjemput bisa menjangaku selanjutnya dievakuasi,’ katanya.

Selain jalan di beberapa desa juga terjadi kerusakan rumah penduduk dengan variasi kerusakannya. Setidaknya ada 11 rumah rusak berat dan 29 rumah rusak ringan.

Saat ini ada dua lokasi yang dijadikan tempat pengungsian bagi warga yang dievakuasi sejak Selasa (10/10) kemarin.

Menurut Thomas, saat ini para warga yang dievakuasi ada sebagian ditempatkan di Kantor Camat Ile Ape dan sebagian ditempatkan di bekas rumah jabatan Bupati Lembata di Lewoleba.

“Ada juga sebagiannya dijemput keluarga masing-masing dan tinggal di rumah keluarga yang aman,” katanya.

Yang saat ini mendiami lokasi pengungsian di Kantor Camat Ile Api sebanyak 224 orang dan yang berada di bekas Rumah Jabatan Bupati Lembata berjumlah 316 orang.

Bantuan makan dan obat-obatan sebagai tanggap darurat langsung disalurkan kepada semua pengungsi di dua lokasi tersebut, untuk memastikan kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan para warga yang menjadi korban gempa tersebut.

Terhadap stok obat-obatan, menurut Thomas juga tersedia termasuk siaga paramedis dan dokter di lokasi tempat pengungsian.

“Kemarin ada beberapa anak yang sakit karena kondisinya lemah dan sudah ditangani tim medis dan dokter di rumah sakit terdekat,” katanya.

1
2
BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Ceamah bela negara

Koarmatim Beri Pembekalan Bela Negara Dan Anti Narkoba

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Yayasan Hang Tuah ke-71 Tahun 2018, Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana...
Sidang pembakaran rumah

Dalang Pembakaran Rumah Tewaskan Satu Keluarga Dihukum Seumur Hidup

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Jaya Mita br Ginting menangis seketika saat majelis hakim menjatuhinya hukuman penjara seumur hidup. Wanita ini terbukti bersalah menjadi otak pelaku...
Freddy Purnomo

Golkar Jatim Siapkan Ribuan Baliho Khofifah-Emil

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - DPD Partai Golkar Jatim menyiapkan strategi pemenangan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dalan Pilgub Jatim. Salah...
20180115_161307

Antara Setan, LGBT, dan Airmin @_TNIAU

Belakangan, kembali ramai di lini masa kampanye 'halalnya' LGBT. Kali ini tidak tanggung-tanggung. Aan Anshori, aktivis pembela LGBT yang diberi label "kyai" dengan percaya...
images (1)

Mengapa Menjadi Non Muslim

Menjadi muslim adalah tindakan sederhana, cukup berserah diri. Ketika turun ayat, ikuti. Bahkan itulah inti hidup di dunia, tidak yang lain-lainnya. Ayat-ayatNya, berupa tanda dan...
FB_IMG_1516028887948

Pangkalan Bun Darurat LGBT, Nitizen: Aparat Mesti Turun Tangan

Kotawaringin Barat - Ratusan Nitizen mengecam ulah sejumlah pria yang berciuman di taman kota Pangkalan Bun Kotawaringin Barat (Kobar) Kalimantan Tengah. Pasalnya, sekitar tanggal...