Masyarakat Bangka Belitung Waspadai Minyak Goreng Kedaluwarsa

PANGKALPINANG, SERUJI.CO.ID – Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau masyarakat untuk mewaspadai peredaran minyak goreng kemasan kedaluwarsa yang dikemas ulang dalam jerigen menjelang Bulan Puasa dan Lebaran 2018.

“Kita tidak ingin kasus minyak goreng kemasan kedaluwarsa dikemas ulang ke dalam jerigen terulang kembali,” kata Kepala Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Babel Ahmad Damiri di Pangkalpinang, Sabtu (12/5).

Ia mengatakan dalam tahun ini, Polda Kepulauan Babel menemukan puluhan jerigen minyak goreng kedaluwarsa beredar di pasar tradisional dan toko kelontongan di daerah itu.

“Minyak goreng kemasan kedaluwarsa itu dikemas ulang ke dalam jerigen ukuran lima liter dan ini sangat merugikan konsumen karena dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya bersama Satgas Pangan akan mengencarkan pengawasan peredaran bahan pangan, guna mengatasi peredaran kebutuhan pokok berbahaya.

Selain itu, pihaknya meminta pemerintah kabupaten/kota untuk mengoptimalkan pemantauan kualitas pangan di masyarakat.

“Potensi peredaran barang-barang kedaluwarsa menjelang puasa dan Lebaran cukup tinggi, karena meningkatnya kebutuhan masyarakat menyambut hari besar keagamaan Islam,” katanya.

Wakadiskrimsus Polda Kepulauan Babel AKBP Indra Krismayadi mengatakan kasus peredaran minyak goreng sudah dilimpahkan ke kejaksaan untuk diproses di Pengadilan Negeri setempat.

“Kita bersama pemerintah daerah terus mengawasi dan menindak tegas pelaku pengoplos dan penjual kebutuhan pokok kedaluwarsa, ilegal, dan lainnya yang merugikan konsumen,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Ahok Menohok

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER