Legislator: Pengangguran di Kotawaringin Timur Perlu Penanganan Serius

0
42
Pencari kerja (foto:istimewa)

SAMPIT, SERUJI.CO.ID – Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Parimus menilai masalah pengangguran butuh penanganan yang serius dari pemerintah daerah setempat.

“Solusi yang diharapkan yakni pemerintah daerah melalui SOPD teknisnya menyiapkan dana khusus untuk memberikan pelatihan tenaga kerja lokal melalui Balai Latihan Kerja (BLK),” katanya, di Sampit, Kamis (15/3).

Melalui pelatihan kerja diharapkan mampu menciptakan generasi muda yang mandiri dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

Loading...

Menurut politisi Partai Demokrat itu, walaupun tidak ada angka pasti tentang jumlah pengangguran di Kotawaringin Timur, namun jika dibiarkan akan memperlambat pertumbuhan ekonomi di sosial masyarakat yang berimplikasi pada meningkatnya angka kemiskinan.

Sedangkan dari fakta di lapangan, banyak ditemukan pemuda didaerah setempat yang masih berstatus pengangguran. Dan masalah ini yang perlu disikapi bersama antara Pemerintah Daerah dan DPRD.

“Kita tidak ingin masalah pengangguran ini di biarkan berlarut, sebab hal ini tentunya akan menjadi beban bagi daerah,” katanya.

Pengangguran apabila dibiarkan ke depannya akan mengarah pada meningkatnya jumlah penduduk miskin.

Hal ini disebabkan pelatihan kerja kepada kaum muda sangat minim atau hampir tidak ada. Ini menjadikan pemuda sulit dalam mendapatkan pekerjaan karena tidak memiliki kualifikasi kerja atau skill.

“Kita memang mengetahui bahwa permasalahan untuk pelatihan kerja memang terjadi di beberapa daerah karena Dana Alokasi Umum (DAU) yang jadi sumber belanja langsung bagi daerah masih rendah,” terangnya.

Namun perlu disikapi oleh Pemerintah Daerah setempat jika ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan maka angka pengangguran harus ditekan.

“Karenanya DPRD berharap agar Pemerintah Daerah melakukan perencanaan yang baik agar bisa merealisasikan di lapangan,” demikian Supriadi. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU