Legislator: Pengangguran di Kotawaringin Timur Perlu Penanganan Serius

SAMPIT, SERUJI.CO.ID – Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Parimus menilai masalah pengangguran butuh penanganan yang serius dari pemerintah daerah setempat.

“Solusi yang diharapkan yakni pemerintah daerah melalui SOPD teknisnya menyiapkan dana khusus untuk memberikan pelatihan tenaga kerja lokal melalui Balai Latihan Kerja (BLK),” katanya, di Sampit, Kamis (15/3).

Melalui pelatihan kerja diharapkan mampu menciptakan generasi muda yang mandiri dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

Menurut politisi Partai Demokrat itu, walaupun tidak ada angka pasti tentang jumlah pengangguran di Kotawaringin Timur, namun jika dibiarkan akan memperlambat pertumbuhan ekonomi di sosial masyarakat yang berimplikasi pada meningkatnya angka kemiskinan.

Sedangkan dari fakta di lapangan, banyak ditemukan pemuda didaerah setempat yang masih berstatus pengangguran. Dan masalah ini yang perlu disikapi bersama antara Pemerintah Daerah dan DPRD.

“Kita tidak ingin masalah pengangguran ini di biarkan berlarut, sebab hal ini tentunya akan menjadi beban bagi daerah,” katanya.

Pengangguran apabila dibiarkan ke depannya akan mengarah pada meningkatnya jumlah penduduk miskin.

Hal ini disebabkan pelatihan kerja kepada kaum muda sangat minim atau hampir tidak ada. Ini menjadikan pemuda sulit dalam mendapatkan pekerjaan karena tidak memiliki kualifikasi kerja atau skill.

“Kita memang mengetahui bahwa permasalahan untuk pelatihan kerja memang terjadi di beberapa daerah karena Dana Alokasi Umum (DAU) yang jadi sumber belanja langsung bagi daerah masih rendah,” terangnya.

Namun perlu disikapi oleh Pemerintah Daerah setempat jika ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan maka angka pengangguran harus ditekan.

“Karenanya DPRD berharap agar Pemerintah Daerah melakukan perencanaan yang baik agar bisa merealisasikan di lapangan,” demikian Supriadi. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.