Legislator: Pengangguran di Kotawaringin Timur Perlu Penanganan Serius

SAMPIT, SERUJI.CO.ID – Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Parimus menilai masalah pengangguran butuh penanganan yang serius dari pemerintah daerah setempat.

“Solusi yang diharapkan yakni pemerintah daerah melalui SOPD teknisnya menyiapkan dana khusus untuk memberikan pelatihan tenaga kerja lokal melalui Balai Latihan Kerja (BLK),” katanya, di Sampit, Kamis (15/3).

Melalui pelatihan kerja diharapkan mampu menciptakan generasi muda yang mandiri dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

Menurut politisi Partai Demokrat itu, walaupun tidak ada angka pasti tentang jumlah pengangguran di Kotawaringin Timur, namun jika dibiarkan akan memperlambat pertumbuhan ekonomi di sosial masyarakat yang berimplikasi pada meningkatnya angka kemiskinan.

Sedangkan dari fakta di lapangan, banyak ditemukan pemuda didaerah setempat yang masih berstatus pengangguran. Dan masalah ini yang perlu disikapi bersama antara Pemerintah Daerah dan DPRD.

“Kita tidak ingin masalah pengangguran ini di biarkan berlarut, sebab hal ini tentunya akan menjadi beban bagi daerah,” katanya.

Pengangguran apabila dibiarkan ke depannya akan mengarah pada meningkatnya jumlah penduduk miskin.

Hal ini disebabkan pelatihan kerja kepada kaum muda sangat minim atau hampir tidak ada. Ini menjadikan pemuda sulit dalam mendapatkan pekerjaan karena tidak memiliki kualifikasi kerja atau skill.

“Kita memang mengetahui bahwa permasalahan untuk pelatihan kerja memang terjadi di beberapa daerah karena Dana Alokasi Umum (DAU) yang jadi sumber belanja langsung bagi daerah masih rendah,” terangnya.

Namun perlu disikapi oleh Pemerintah Daerah setempat jika ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan maka angka pengangguran harus ditekan.

“Karenanya DPRD berharap agar Pemerintah Daerah melakukan perencanaan yang baik agar bisa merealisasikan di lapangan,” demikian Supriadi. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

TERPOPULER