KPU Larang Gambar Presiden dan Wapres Terpasang di Alat Peraga Kampanye

BIAK, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua melarang pemasangan gambar Presiden dan Wakil Presiden dalam alat peraga kampanye pasangan calon bupati dan calon wakil bupati pada pemilihan kepala daerah serentak 27 Juni 2018.

Komisioner KPU Biak Yohanis Lalihattu seusai rapat koordinasi dengan tim koalisi tiga paslon dan Panwaslu di Biak, Rabu (28/2) mengakui parpol pengusung harus mentaati peraturan pelarangan pemasangan gambar Presiden dan Wapres di alat peraga kampanye.

“Dasar hukum pelarangan pemasangan foto Presiden dan Wapres di alat peraga kampanye sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 4 tahun 2017 tentang kampanye pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan atau wali kota dan wakil wali kota,” ungkap Komisioner KPU Yohanis Lalihattu menjawab Antara seusai rapat koordinasi pemasangan alat peraga kampanye di sekretariat KPU Biak.

Ia menyebut berdasarkan PKPU 2017 tersebut maka KPU melarang setiap pasangan calon kepala daerah menggunakan foto Presiden dan Wakil Presiden untuk kebutuhan kampanye di Pilkada serentak 2018.

Yohanis mengatakan Foto presiden dan wakil presiden sekarang itu simbol negara sehingga tidak boleh dijadikan alat-alat kampanye dipasang di pinggir jalan umum.

“Hakekat isi kampanye paslon adalah untuk penyampaian visi dan misi serta bukan sekedar memajang gambar atau foto tertentu guna menarik massa pemilih,” ujarnya.

Data KPU jumlah pilkada serentak 2018 berlangsung di 171 kabupaten/kota, sementara di Provinsi Papua terdapat tujuh diantara kabupaten dan satu provinsi akan menyelenggarakan Pilkada. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Reuni 212, Aksi Yang Berat Terasa Ringan

Aksi reuni 212 tahun 2018 ini bukan hanya dihadiri oleh kaum muslimin, tapi juga oleh pemuka lintas agama. Sebuah spirit yang sangat besar pengaruhnya untuk perubahan bangsa ke depan. Ini sebuah bukti lagi, bahwa umat islam bukan pecundang. Umat Islam bukan teroris pemecah belah bangsa, umat islam bukan anti kebhinnekaan .....

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Lima Ide Outfit Kondangan Padu Padan Celana dan Atasan

Ide outfit kondangan memakai celana ini bisa jadi andalan bagi anda yang anti ribet.