Kotawaringin Timur Berharap Dapat Tambahan Kuota Haji

SAMPIT, SERUJI.CO.ID – Umat Islam di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, berharap mendapat tambahan kuota haji karena daftar tunggu saat ini sangat panjang.

“Daftar tunggu kami sampai sekarang sudah 3.000 lebih, sehingga baru habis diberangkatkankan selama 19 tahun. Artinya, kalau setor bulan ini, maka 19 tahun nanti baru bisa berangkat,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kotawaringin Timur, H Samsudin di Sampit Selasa (10/4).

Samsudin mengakui, niat umat Islam di Kotawaringin Timur untuk menjalankan ibadah haji sangat tinggi. Meski sudah mengetahui daftar tunggu sudah sangat panjang, namun hal itu tidak menyurutkan niat masyarakat untuk mendaftarkan diri berangkat haji.

Mereka yang mendaftarkan diri sebagai calon haji sangat beragam, bukan hanya kalangan aparatur sipil negara atau pegawai. Malah yang mendominasi adalah warga yang bekerja di sektor swasta, seperti pedagang, petani dan lainnya.

Ibadah haji ditunjukkan bagi yang sudah memiliki kemampuan secara finansial, jasmani dan rohani. Masyarakat rela menabung agar bisa menunaikan ibadah haji.

Berdasarkan kuota yang ada, jemaah asal Kotawaringin Timur yang siap berangkat tahun ini berjumlah 213 orang. Samsudin berharap masih ada peluang bagi Kotawaringin Timur mendapatkan kursi tambahan tahun ini.

“Ada kebijakan pemerintah memprioritaskan calon haji yang berusia lanjut, yaitu yang berusia 75 tahun lebih, dengan catatan sudah menyetor awal selama tiga tahun. Pendampingnya juga bisa diberangkatkan,” kata Samsudin.

Pemerintah juga membuat kebijakan memprioritaskan pendaftar yang belum pernah melaksanakan ibadah haji. Bagi pendaftar yang sudah pernah naik haji, diberi syarat yakni baru boleh kembali mendaftar haji setelah lima tahun kemudian.

Samsudin menambahkan, biaya perjalanan ibadah haji tahun ini diperkirkan naik, namun belum diumumkan jumlah pastinya. Tahun lalu biaya perjalanan ibadah haji untuk Kalimantan Tengah ditetapkan sebesar Rp37.837.000 per orang.

Belum lama ini para calon haji Kotawaringin Timur menjalani pemeriksaan kesehatan tahap awal. Selain itu, saat ini proses administrasi juga sedang berlangsung dan diharapkan tidak ada kendala.

Samsudin mengimbau seluruh calon haji menjaga kesehatan jasmani dan rohani agar bisa menjalankan ibadah haji saat tiba waktunya. Nantinya petugas kesehatan juga akan kembali melakukan pemeriksaan secara rinci untuk mengetahui risiko apa saja yang dihadapi setiap calon haji dalam hal kesehatan sehingga bisa diantisipasi. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

NKRI Adil dan Beradab

Mempertentangkan syariat Islam dengan Pancasila adalah ahistoris dan tidak logis. Apalagi, faktanya, syariat Islam memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat Muslim Indonesia.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER