Kota Kendari Terendam Banjir Hingga 1 Meter

KENDARI – Hujan yang mengguyur Kota Kendari, Sulawesi Tenggara dalam beberapa hari belakangan menyebabkan tergenangnya sejumlah tempat di daerah tersebut.

Pantauan hingga hari ini, banjir merendam hampir seluruh badan jalan di kawasan jalan DI Panjaitan Lepo-Lepo Kecamatan Baruga, kawasan Tugu Religi, Mandonga dan sebagaian wilaha di Kelurahan Lahundape Kemaraya Kota Kendari.

Saluran drainase di lokasi tersebut tidak mampu menampung derasnya hujan yang terjadi sejak beberapa hari.

Sejumlah kantor di lokasi sekitar kawasan Tugu Religi seperti, kantor Museum Negeri Provinsi, Dinas PU Kota Kendari, kantor Perusda Sultra, serta jejeran rumah makan dan rumah warga di kawasan itu juga terendam banjir dengan ketinggian antara 30 sentimeter hingga mencapai 1 meter.

Begitu pula di kawasan DI Panjaitan Kelurahan Wundudopi dan Lepo-Lepo hingga pada bundaran pesawat sukoi juga mulai tergenang air, dampak dari banjir kiriman dari kawasan ketinggian yang tidak memapu menampung derasnya air yang mengguyur wilayah itu sejak dua hari terakhir.

“Wilayah ini, setiap hujan datang pasti kebanjiran karena selain drainasenya kecil dan sebagian tidak berfungsi disisi lain tumpahan air cukup besar, apalagi hujan terus menerus turun,” ujar Najib (55), warga yang bermukim di wilayah itu.

Sementara itu, dilaporkan sebagian rumah warga di kota lama juga mulai tergenang air seperti di Kelurahan Kampung Salo Kota Lama, serta wilayah di Kecamatan Kadia dan Perumnas Poasa juga mulai digenangi air dengan intensitas hujan yang cukup deras.

“Biasanya banjir terjadi bila bersamaan air pasang laut di Teluk Kendari terjadi, sehingga tak mampu menampung air hujan yang menyebabkan meluap hingga merendam sejumlah pemukiman yang tidak jauh dari kawasan teluk,” kata Zuhairin (50), warga yang bermukim di Kemaraya.

Selain itu, wilayah yang terendam banjir akhir-akhir ini adalah kawasan yang berdekatan dengan beberapa sungai seperti di bantaran Sungai Wanggu, Sungai Kemaraya, Sungai di jalan Lasolo dan Sungai Mandonga.

Hingga berita ini diturunkan, situasi Kota Kendari masih diguyur hujan deras, meskipun sesekali berhenti namun hujan kembali sehingga membuat warga jarang keluar untuk beraktifitas. (IwanY)

Sumber:Antara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

close