Kementerian ESDM Pastikan Tak Ada Penambangan HST


BANJARMASIN, SERUJI.CO.ID –┬áKementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan tidak ada penambangan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Kepastian tersebut ketika kami bersama Dinas ESDM Kalsel berkonsultasi ke Kementerian ESDM di Jakarta, pekan lalu,” ujar Sekretaris Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD provinsi setempat, H Riswandi SIP di Banjarmasin, Senin (29/1).

Konsultasi Dinas ESDM Kalsel bersama Komisi III DPRD yang juga membidangi pertambangan dan energi, serta lingkungan hidup itu sehubungan penolakan masyarakat HST terhadap rencana penambangan batu bara di kabupaten tersebut.

Menurut anggota DPRD Kalsel tiga periode itu, alasan Kementerian ESDM memastikan tidak ada penambangan di “Bumi Murakata” Hulu Sungai Tengah karena perusahaan pertambangan tersebut tidak mengantongi dokmuman Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

Namun, lanjutnya, Kementerian ESDM meminta kajian ilmiah terhadap dampak negatif atas penambanganan batu bara pada kawasan Pegunungan Meratus HST atau Blok Batutangga oleh pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan (PKP2B).

“Hasil kajian ilmiah itu perlu agar Kementerian ESDM mudah mengeluarkan dari Surat Keputusan (SK) Menteri ESDM Nomor 441.K/30/DJB/2017 tentang Penyesuaian Tahapan Kegiatan PKP2B PT Mantimin Coal Mining (MCM) di HST,” kutipnya.

Oleh karena itu, wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel IV/Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS) dan HST tersebut berharap kajian ilmiah dampak negatif penambangan Blok Batutangga segera terpenuhi sebagaima permintaan Kementerian ESDM.

Mengenai kajian ilmiah tersebut, menurut politikus senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, merupakan tanggung jawab pemerintah kabupaten (Pemkab) HST untuk menyiapkan. “Sedangkan pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel bersifat memberikan dukungan,” demikian Riswandi.

PKP2B milik MCM itu meliputi Blok Batutangga HST, Blok Juai Kabupaten Balangan, serta Blok Upau Tabalong-kabupaten paling utara Kalsel yang berbatasan dengan Kalimantan Timur (Katim). (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

3 Kunci Sukses Pasarkan Properti Saat Wabah Covid-19

Webinar ini sendiri sengaja diadakan oleh Lamudi untuk membantu para pangembang properti memasarkan produk mereka agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah pandemi corona.

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

close