PSM Makassar

PSM Makassar Taklukkan Madura United 6-1

Fatih Seferagic

Fatih Seferagic Jadi Imam Masjid Alumni IPB

Kembali Kementerian Kelautan Akan Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan

0
9
Ilustrasi penenggelaman kapal (Foto: Istimewa)

TIMIKA, SERUJI.CO.ID – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyetujui usulan Kejaksaan Negeri Timika untuk menenggelamkan kapal pencuri ikan KM Laut Maluku di perairan Mimika pada pertengahan Desember mendatang dengan cara diledakkan.

Kepala Kejaksaan Negeri Timika Alex Sumarna, di Timika, Kamis (9/11), mengatakan peledakan KM Laut Maluku akan dilakukan bersamaan dengan peledakan salah satu kapal pencuri ikan di wilayah Merauke.

“Tanggal pastinya belum kami tentukan. Namun yang jelas sudah ada persetujuan dari KKP untuk melakukan eksekusi kapal itu,” ujar Sumarna.

Eksekusi peledakan KM Laut Maluku nantinya akan melibatkan pihak Pangkalan TNI AL Timika dan Kepolisian Sektor Perairan Mimika.

KM Laut Maluku tertangkap oleh Satuan Polisi Perairan Polda Papua saat sedang mencuri ikan di kawasan perairan Mimika pada 2014.

Kasus itu sudah diproses secara hukum hingga ke tingkat Mahkamah Agung RI hingga kasusnya berkekuatan hukum tetap.

Dalam putusan kasasi MA belum lama ini, pengadilan memerintahkan agar kapal tersebut disita oleh negara untuk dimusnahkan.

Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon beberapa waktu lalu mengatakan proses peledakan KM Laut Maluku tersebut membutuhkan penanganan khusus.

Kapal berbobot sekitar 155 grosstone (GT) tersebut terbuat dari besi, sehingga proses peledakannya harus mempertimbangkan keamanan lingkungan kawasan sekitar.

Kapolsek Perairan Polres Mimika Iptu Barnabas mengatakan KM Laut Maluku tersebut sejak 2014 hingga kini masih berlabuh di Pelabuhan Sungai Wania, samping Kampung Cenderawasih, Distrik Mimika Timur.

“Dari laporan teman-teman, kapal itu masih beroperasi menangkap ikan di perairan Mimika saat sudah ada kebijakan moratorium penangkapan ikan oleh kapal-kapal eks asing yang dikeluarkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Proses hukumnya sudah selesai sampai di tingkat Mahkamah Agung,” kata Barnabas. (Ant/SU01)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Wapres KAHMI

Tutup Munas Kahmi Ke- 10, Ini Pesan Wapres Jusuf Kalla

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla meminta organisasi Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) dapat menonjolkan intelektualisme kecendekiawanan. Kalau berbicara dengan batas...
Danau Lawutung

Eksotis, Danau Lawutung Masih Menyimpan Mistis

SUMBA, SERUJI.CO.ID - Danau Lawutung yang terletak di desa Kadahang kecamatan Hahar, kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) salah satu danau yang berada...

KNPI NTT Minta Novanto Kooperatif Hadapai Proses Hukum

KUPANG, SERUJI.CO.ID - Kasus Korupsi KTP-el yang menimpa Ketua DPR RI yang juga Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto, jadi perhatian Dewan Pimpinan Daerah (DPD)...

KANAL WARGA TERBARU

image4214

USULAN REMBAG EKONOMI UMAT Versi II

DEPO MUSLIM INDONESIA Barang Warung Harga Grosir Bentuk : Koperasi Jasa Bidang : Distribusi Anggota : 1. Pemilik Warung/usaha retail muslim 2. Produsen muslim Spesialisasi Depo dan Distribusi Modal : 1. Stok Barang...
Doa Bisa Simalakama

Doa Bisa Simalakama

Doa bisa dipandang dari dua aspek. Pertama, doa dilihat dari aspek FUNGSInya. Kedua, doa dilihat dari aspek ISInya. Dilihat dari sisi FUNGSInya, doa adalah ibadah....
VIR

Belajar dari “HUKUM OHM”, Selamat datang Masalah

Jamak kita temui, hampir setiap orang yang menghadapi masalah terlihat kusut di wajahnya. Pada tingkatan tertentu, ada sebagian orang bahkan sampai stres dalam menghadapi...