Kawasan Kumuh di Pontianak Capai 48 Hektar

0
21
Ilustrasi.

PONTIANAK, SERUJI.CO.ID – Hingga saat ini masih terdapat sekitar 48 hektar kawasan kumuh di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota setempat Amirullah.

“Pemkot Pontianak terus melakukan program sinergi untuk mengentaskan kawasan kumuh yang masih tersisa tersebut,” kata Amirullah, di Pontianak, Selasa (27/3).

Ia menjelaskan, ada pengurangan sekitar 22 hektar kawasan kumuh di Kota Pontianak dalam dua tahun terakhir, yakni tahun 2015 tercatat kawasan kumuh di Pontianak masih sekitar 70 hektar.

“Upaya pengentasan kawasan kumuh Kota Pontianak dilakukan bersamaan dengan target program 100-0-100, yakni 100 persen akses air bersih, 0 persen kawasan kumuh, dan 100 persen sanitasi yang baik,” ujarnya pula.

Menurut dia, Pemkot Pontianak telah melakukan pemetaan untuk memfokuskan program-program percepatan dalam pengentasan kawasan kumuh itu yang ditargetkan akan tuntas tahun 2020.

“Dari data yang ada, kawasan kumuh tersebut tersebar di semua kecamatan, yakni dari enam kecamatan yang ada, tetapi ada yang masuk kategori berat dan ringan,” ujarnya lagi.

Dia menyebutkan, seperti di Kecamatan Pontianak Kota, yakni daerah Kampung Sawah, Kelurahan Mariana saat ini kawasan kumuhnya sudah tertangani namun masih harus dibenahi.

“Dari data yang ada sekitar 60 persen kawasan kumuh tersebut berada di kawasan Kecamatan Pontianak Timur dan Utara, sehingga fokus pengentasan kawasan kumuh berada di dua kecamatan tersebut,” kata Amirullah.

Ia menyatakan, dalam upaya mengentaskan kawasan kumuh di Kota Pontianak, tidak hanya dibiayai dari APBD, tetapi juga dari APBN, termasuk program pembangunan konsep kota baru, seperti menata kawasan pinggiran Sungai Kapuas Pontianak. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

PPP Klaim Elektabilitas Jokowi Tetap Aman Walau Tidak Sampai 60%

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Elektabilitas Jokowi sebagai petahana yang belum mencapai 60 persen, dinilai berbagai pengamat belumlah aman untuk memenangkan kontestansi Pilpres 2019 mendatang. Namun bagi...

Mei, Ulama Dunia akan Hadiri KTT di Bogor

SOLO, SERUJI.CO.ID - Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban Din Syamsudin mengemukakan, Indonesia akan menjadi tuan rumah Konsultasi Tingkat...

DPRD Dukung Rencana Pemerintah Datangkan 200 Dosen Asing

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - DPRD Jatim mendukung rencana Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk mendatangkan 200 dosen asing ke Indonesia. Dukungan tersebut diberikan dengan...

PA GMNI: Pakde Karwo Berpesan Menangkan Gus Ipul di Pilgub Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) siap memenangkan pasangan calon Gubernur Jatim nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti...

Polisi: Penindakan Kendaraan Kader PDIP Sesuai Aturan

MATARAM, SERUJI.CO.ID - Direktur Lalu Lintas Polda NTB Kombes Pol Arman Achdiat mengatakan, penindakan dalam bentuk tilang terhadap mobil dengan pelat nomor polisi "MAN...