Kawasan Kumuh di Pontianak Capai 48 Hektar

0
123
Ilustrasi.

PONTIANAK, SERUJI.CO.ID – Hingga saat ini masih terdapat sekitar 48 hektar kawasan kumuh di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota setempat Amirullah.

“Pemkot Pontianak terus melakukan program sinergi untuk mengentaskan kawasan kumuh yang masih tersisa tersebut,” kata Amirullah, di Pontianak, Selasa (27/3).

Ia menjelaskan, ada pengurangan sekitar 22 hektar kawasan kumuh di Kota Pontianak dalam dua tahun terakhir, yakni tahun 2015 tercatat kawasan kumuh di Pontianak masih sekitar 70 hektar.

“Upaya pengentasan kawasan kumuh Kota Pontianak dilakukan bersamaan dengan target program 100-0-100, yakni 100 persen akses air bersih, 0 persen kawasan kumuh, dan 100 persen sanitasi yang baik,” ujarnya pula.

Menurut dia, Pemkot Pontianak telah melakukan pemetaan untuk memfokuskan program-program percepatan dalam pengentasan kawasan kumuh itu yang ditargetkan akan tuntas tahun 2020.

“Dari data yang ada, kawasan kumuh tersebut tersebar di semua kecamatan, yakni dari enam kecamatan yang ada, tetapi ada yang masuk kategori berat dan ringan,” ujarnya lagi.

Dia menyebutkan, seperti di Kecamatan Pontianak Kota, yakni daerah Kampung Sawah, Kelurahan Mariana saat ini kawasan kumuhnya sudah tertangani namun masih harus dibenahi.

“Dari data yang ada sekitar 60 persen kawasan kumuh tersebut berada di kawasan Kecamatan Pontianak Timur dan Utara, sehingga fokus pengentasan kawasan kumuh berada di dua kecamatan tersebut,” kata Amirullah.

Ia menyatakan, dalam upaya mengentaskan kawasan kumuh di Kota Pontianak, tidak hanya dibiayai dari APBD, tetapi juga dari APBN, termasuk program pembangunan konsep kota baru, seperti menata kawasan pinggiran Sungai Kapuas Pontianak. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Per Hari Ini Layanan Yahoo Messenger Berakhir

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Layanan kirim pesan yang dulu amat populer, dan hampir semua pengguna komputer menggunakannya untuk berkomunikasi, Yahoo Mesengger, dalam hitungan jam hari...

Dianggap “Loyalis” SBY, Peluang Moeldoko Dampingi Jokowi Bisa Terganjal

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Nama Mantan Panglima TNI, Moeldoko makin santer disebut sebagai salah satu kandidat kuat untuk mendampingi Jokowi sebagai calon wakil presiden (cawapres) ...
IMG_20180324_111527

Optimis Prabowo Menang, Koalisi Gerindra, PAN, dan PKS Mulai Susun Kabinet

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Koalisi Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasional menyatakan mengambil langkah maju untuk menyusun rancangan kabinet sejak dini, yang...
Prabowo Subianto

Kantongi Tiket Capres, Gerindra Optimis Prabowo Akan Memenangkan Pilpres 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Partai Gerindra menyatakan ketua umumnya Prabowo Subianto telah memastikan maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2019. Hal itu setelah koalisi pertai pendukung...

Salah Persepsi di Masyarakat Terkait SKM, Senator Minta Pemerintah Sosialisasi Masif

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Karena adanya persepsi yang keliru ditengah masyarakat, terkait susu kental manis (SKM), anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Fahira Idris meminta Pemerintah...