Kaltim Siapkan Belasan Ribu Daging Sapi Hingga Lebaran

SAMARINDA, SERUJI.CO.ID – Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Timur bekerja sama dengan pihak terkait menyiapkan sekitar 16.028 ton daging segar baik daging sapi maupun ayam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri.

“Daging sebanyak itu merupakan bahan yang masih berupa ternak hidup dan siap dipotong dengan komoditas dari peternak lokal dan dari luar daerah,” ujar Kepala Dinas Peternakan Provinsi Kaltim Dadang Sudarya dihubungi di Samarinda, Sabtu (12/5).

Rinciannya adalah daging sapi sebanyak 15.306 ekor atau setara 2.412 ton daging segar setelah disembelih dan dikonversi, kemudian kambing sebanyak 14.986 ekor atau setara 202 ton, dan ayam sebanyak 13.022.857 ekor atau setara 13.414 ton.

Menurut ia, daging yang disiapkan sebanyak itu diprediksi masih berlebih karena kebutuhan selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini sebanyak 15.682 ton daging segar, sehingga berdasarkan hitungan perkiraan masih ada kelebihan sebanyak 346 ton daging.

Sedangkan rincian kebutuhan daging yang diprediksi sebanyak 15.682 ton itu terdiri atas 2.352 ton daging sapi segar atau setara 14.925 ekor sapi, kemudian 193 ton daging kambing atau setara 14.286 ekor, dan 13.137 ton daging ayam atau setara 12.754.796 ekor.

Dadang menuturkan, berbagai jenis ternak tersebut masih lebih banyak didatangkan dari luar daerah, kecuali ayam ras yang hampir dapat dipenuhi oleh peternak lokal, sehingga Disnak Kaltim terus mendorong peternak mengembangkan usahanya agar ke depan bisa memenuhi permintaan lokal.

Ia menjelaskan bahwa ternak sapi masih 72,56 persen didatangkan dari luar provinsi seperti Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Palu, dan Jawa Timur. Sementara sisanya 27,44 persen mampu dicukupi oleh peternak lokal dari Samarinda, Kutai Kartanegara dan Berau.

Untuk ternak kambing, lanjut Dadang, terdapat 56 persen yang didatangkan dari luar provinsi seperti Jawa Timur, Palu, dan Sulawesi Selatan, sedangkan sisanya yang tercatat 44 persen sudah mampu dicukupi oleh peternak setempat.

“Untuk ternak ayam sudah lebih baik karena sebagian besar mampu dicukupi peternak lokal, yakni mencapai 90,80 persen, sehingga sisanya yang hanya 9,20 persen didatangkan dari daerah lain seperti Jawa Timur dan Sulawesi Selatan,” ucap Dadang. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Negeri Bohong

Islam Mementingkan Sasaran, Bukan Sarana

Karena itu, term NKRI Bersyariah, itu sejatinya bid’ah; tidak ada presedennya dalam sejarah Islam alias mengada-ada. Sesuatu yang bid’ah semestinya dijauhi oleh para pengikut Rasulullah Saw. Apalagi jika istilah ini diniatkan untuk hajat politik yang pragmatis.

Penegakan Hukum Yang Kaya Kezaliman dan Miskin Rasa Keadilan

Bercermin kepada praktek penegakan hukum di Indonesia beberapa tahun tarakhir, khususnya di era Rezim Pemerintahan saat ini, tentunya kita melihat banyaknya praktek-praktek penanganan kasus hukum yang masih jauh dari apa yang diharapkan.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER