Kadinkes Dorong Optimalisasi Poliklinik BLU RSUD Nabire

JAYAPURA, SERUJI.CO.ID – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua drg Aloysius Giyai mendorong optimalisasi pengelolaan Poliklinik Badan Layanan Umum (BLU) RSUD Nabire, yang telah diresmikan pemanfaatannya oleh Presiden Jokowi di Distrik Sriwini Kabupaten Nabire, pada 21 Desember 2017.

“Poliklinik itu harus dioptimalkan pemanfaatannya agar derajat kesehatan masyarakat Papua semakin baik,” kata Aloysius di Jayapura, Rabu (27/12).

Ia mengatakan Gubernur Papua Lukas Enembe terus berupaya menyediakan fasilitas kesehatan sehingga merealisasikan pembangunan rumah sakit regional di lima wilayah adat.

Salah satunya poliklinik BLU RSUD Nabire, yang diresmikan Presiden Jokowi.

“Poliklinik itu boleh dikatakan spektakuler, Presiden Jokowi saja mengaku bahwa bagunan seperti hotel berbintang lima, dan presiden berpesan bahwa penuhi Sumber Daya Manusia (SDM) dan fasilitas didalamnya,” ujarnya.

Menurut Aloysius, fasilitas untuk gedung poliklinik spesialis itu tidak menjadi masalah karena didukung oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kesehatan.

Sementara menyangkut SDM, lanjutnya, memang beberapa dokter spesialis harus dipenuhi, akan tetapi standar minimal pelayanan sudah terpenuhi.

“Sudah ada beberapa dokter spesialis yang masih sekolah, Direktur RSUD Nabire katakan pada Februari 2018 mereka sudah kembali dan bertugas,” ujarnya.

Mantan Direktur RSUD Abepura itu mengatakan bukan hanya Nabire, Gubernur Papua telah bertekad untuk membangun rumah sakit di lima wilayah adat yang ada di Provinsi Papua.

“Hanya RSUD Wamena, Kabupaten Jayawijaya yang pembangunannya diambil alih oleh Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

Lima wilayah yang dimaksud yakni wilayah adat Mamta, wilayah adat Saireri, wilayah adat Meepago, wilayah adat Ha-Anim, dan wilayah adat Lapago.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER