Jaga Stabilitas Pangan, Bulog Sulut Gencar Lakukan Operasi Pasar

0
30
operasi pasar
Bulog secara rutin mengadakan Operasi Pasar Murah untuk menstabilkan harga bahan pokok di pasar-pasar. (foto:Istimewa)

MANADO, SERUJI.CO.ID – Perum Bulog Divre Sulawesi Utara (Sulut) terus melakukan operasi pasar (OP) beras guna menjaga stabilitas pangan di daerah tersebut menjelang Lebaran 2018.

“Kami melakukan ini agar masyarakat bisa mendapatkan beras dengan harga yang lebih murah,” kata Kepala Perum Bulog Divre Sulut Eko Pranoto di Manado, Kamis (17/5).

Eko mengatakan bahwa saat ini harga beras OP cadangan beras pemerintah (CBP) hanya sebesar Rp9.350,00 per kilogram, yakni lebih murah daripada harga eceran tertinggi (HET) yang ditentukan oleh pemerintah sebesar Rp9.450,00/kg.

Loading...

Ia menjelaskan bahwa saat ini Bulog bekerja sama melalui satgas ada tiga, RPK sebanyak enam titik, mitra empat titik, pedagang di Pasar Bersehati sebanyak 15 titik, dan Karombasan 10 titik.

“Pedagang pasar rata-rata melakukan order 3 s.d. 4 ton setiap minggu,” katanya.

Saat ini stok beras Bulog Sulut sangat banyak hingga 6 bulan ke depan sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Animo masyarakat di Sulut untuk membeli beras operasi pasar cadangan beras pemerintah (OP CBP) relatif cukup tinggi.

Eko mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan sejumlah pedagang di Pasar Pinasungkulan Karombasan, Pasar Bersehati Manado, mitra kerja, dan rumah pangan kita (RPK).

“Sepertinya masyarakat banyak membeli OP CBP karena harga yang jauh lebih murah daripada harga di pasaran,” katanya. (Ant/SU02)

Langganan berita lewat Telegram
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU