Jaga Stabilitas Pangan, Bulog Sulut Gencar Lakukan Operasi Pasar

MANADO, SERUJI.CO.ID – Perum Bulog Divre Sulawesi Utara (Sulut) terus melakukan operasi pasar (OP) beras guna menjaga stabilitas pangan di daerah tersebut menjelang Lebaran 2018.

“Kami melakukan ini agar masyarakat bisa mendapatkan beras dengan harga yang lebih murah,” kata Kepala Perum Bulog Divre Sulut Eko Pranoto di Manado, Kamis (17/5).

Eko mengatakan bahwa saat ini harga beras OP cadangan beras pemerintah (CBP) hanya sebesar Rp9.350,00 per kilogram, yakni lebih murah daripada harga eceran tertinggi (HET) yang ditentukan oleh pemerintah sebesar Rp9.450,00/kg.

Ia menjelaskan bahwa saat ini Bulog bekerja sama melalui satgas ada tiga, RPK sebanyak enam titik, mitra empat titik, pedagang di Pasar Bersehati sebanyak 15 titik, dan Karombasan 10 titik.

“Pedagang pasar rata-rata melakukan order 3 s.d. 4 ton setiap minggu,” katanya.

Saat ini stok beras Bulog Sulut sangat banyak hingga 6 bulan ke depan sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Animo masyarakat di Sulut untuk membeli beras operasi pasar cadangan beras pemerintah (OP CBP) relatif cukup tinggi.

Eko mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan sejumlah pedagang di Pasar Pinasungkulan Karombasan, Pasar Bersehati Manado, mitra kerja, dan rumah pangan kita (RPK).

“Sepertinya masyarakat banyak membeli OP CBP karena harga yang jauh lebih murah daripada harga di pasaran,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pengabdian Tragis Dahlan Iskan!

Dua kali hari Kartini saya mendapatkan kado sedih. Pertama saat Ibu saya tercinta meninggal dunia dalam usia 52 tahun, 21 April 1994.

Bendera dan Krisis Kepemimpinan

Menurut vexillology, bendera bukan sekedar selembar kain biasa. Jika dia berkibar bebas di angkasa, bendera menginspirasikan semangat kepemimpinan tertentu yang sublim dan sulit dibayangkan oleh mereka yang jiwanya terjangkar oleh tanah di bumi.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER