Imunisasi Difteri di Pontianak Capai 80 Persen

PONTIANAK, SERUJI.CO.ID – Capaian imunisasi difteri di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, hingga saat ini sudah sebanyak 80 persen, kata Kadis Kesehatan Kota setempat, Sidig Handanu.

“Dari target sebanyak 190 ribu yang akan dilakukan imunisasi difteri, sekitar 80 persen di antaranya sudah dilakukan imunisasi massal,” kata Sidig Handanu di Pontianak, Jumat (13/4).

Ia menjelaskan, sasaran dari imunisasi difteri secara massal, adalah anak-anak atau mereka yang berusia di bawah 19 tahun.

“Tercatat di tahun 2018, ditemukan sebanyak 17 kasus suspek difteri, namun yang positif hanya dua orang saja, itu pun sudah sembuh,” ungkapnya.

Menurut dia, pihaknya akan terus melanjutkan imunisasi massal terhadap anak-anak di bawah usia 19 tahun.

“Jadi anak-anak dengan gejala itu, tetap kita catat, serta awasi terus,” katanya.

Sidig menambahkan, dalam melakukan imunisasi massal tersebut, vaksin diberikan secara gratis kepada masyarakat, selain itu petugas kesehatan juga mendatangi sekolah-sekolah, pemukiman masyarakat, dan masyarakat yang mendatangi pos pelayanan yang telah disediakan.

Tercatat, tahun 2017, Indonesia mengalami Kejadian Luar Biasa (KLB) difteri di 20 provinsi, dan hingga November 2017, terdapat 593 kasus dan 32 kematian yang dilaporkan.

Sehingga, menempatkan Indonesia di posisi nomor dua dengan kasus difteri terbanyak di dunia setelah India. Kementerian Kesehatan pun sudah memberikan surat yang menyatakan bahwa Kota Pontianak merupakan salah satu kabupaten/kota di Indonesia yang harus melakukan Outbreak Response Immunization (ORI) yang dilakukan bulan Juli-Agustus 2018 dan Februari 2019, katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.