Harga Daging Ayam Beku Kembali Merangkak Naik

AMBON, SERUJI.CO.ID – Para pedagang di pasar tradisional Kota Ambon kembali menaikkan harga daging ayam beku yang selama ini dipasok dari Surabaya guna memenuhi permintaan masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya.

Hasil pantauan di pasar Mardika dan Batu merah, Sabtu (19/5), para pedagang mematok harga daging ayam beku sebesar Rp38.000, atau naik darti sebelumnya Rp34.000/kg, sedangkan ayam pedaging produksi peternak lokal juga masih terbilang mahal yakni berkisar antara Rp55.000 hinggas Rp65.000/ekor tergantung ukuran.

“Harga ayam beku sudah naik sejak kemarin sore di sentra produksi, jadi untuk tidak merugi kita juga menaikan harga jual di Ambon,” kata Jamal.

Harus demikian, sebab ayam beku yang dijual ini di datangkan dari Surabaya, jadi kalau penjualan di Ambon habis harus pengadaan lagi dari Surabaya.

“Yang jelas, kami selalu memantau perkembangan harga di Surabaya sebagai pasar induk sekaligus sentra produksi,” ujarnya.

Norma, pembeli yang ditemui di pintu masuk pasar Mardika seusai membeli dua kilo gram ayam beku mengatakan, naikknya harga ayam beku ini disengaja oleh pedagang, mereka memanfaatkan situasi dan kondisi pasar ikan arumbay sekarang ini dimana ikan cakalang segar sementara ini menghilang guna mencari keuntungan.

“Saya heran, dua hari yang lalu harga ayam beku masih ditawarkan dengan harga Rp34.000/kg, selain itu stok sekarang ini cukup banyak, tinggal memilih mana yang diinginkan, namun harga bergerak naik,” katanya kesal.

Kalau ikan segar mahal bisa jadi, lanjutnya, sebab memang tidak terlihat di pasar yang ada hanya satu dua ekor milik istri nelayan yang datang langsung ke pasar untuk berjualan,melonjak naik dari yang biasanya Rp40.000, kini naik hingga Rp65.000/ekor tergantung ukuran.

“Bahkan ikan cakalang beku pedagang mematok dengan harga bervariasi mulai dari Rp55.000 hingga Rp140.000/ekor tergantung ukuran,” ujarnya.

Norma juga mengakui, kalau harga ikan segar maupun ikan beku di Ambon tidak tetap dan selalu berubah-ubah karena selama ini pedagang menjual tidak pernah berpatokan pada kiloan tetapi ukuran, dan ini kelemahan kita selama ini. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Zero Black Out, Mampukah PLN?

Black out tidak disebut secara eksplisit. Hanya menjadi bagian jabaran risiko produksi/operasi yaitu kerusakan peralatan. Inilah  masalah pokoknya. Sesuatu yang berakibat fatal tidak diidentifikasi secara cukup dalam dokumen rencana stratejik jangka panjang PLN.

Soal Islam Nusantara

Demikian Mudah Dikenali Sebagai Hoaks, Info 7 Kontainer Surat Suara Masih Telan “Korban”

Yang membuat saya heran, kenapa para politisi, terutama yang menyebarkan info hoaks ini di akun media sosial (walau dalam bentuk tanya sekalipun) tidak mengenali bahwa info ini adalah hoaks?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER