Harga Cabai di Ternate Naik

TERNATE, SERUJI.CO.ID Harga cabai nona dan cabai keriting yang dijual para pedagang di pasar Bahari Berkesan Ternate, Maluku Utara (Malut) pada hari ketiga Ramadan mengalami kenaikan walaupun stoknya tetap tersedia.

Seorang pedagang di Pasar Barito Bahari Berkesam Ternate, Wahid Salman, Sabtu (19/5), mengatakan, harga cabai nona pada akhir pekan ini Rp45.000/kg, namun kini naik menjadi Rp50.000/kg, sedangkan cabai keriting naik dari Rp30.000/kg menjadi Rp35.000/kg.

Kenaikan kedua jenis cabai itu dipicu meningkat permintaan masyarakat untuk menghadapi awal Ramadan, karena mereka khawatir menjelang Ramadan nanti harganya akan jauh lebih mahal.

Menurut dia, harga bawang putih juga naik dari Rp60.000/kg, menjadi Rp65.000/kg, tetapi untuk bawang merah tetap Rp50.000/kg.

Harga tomat sebelumnya mencapai Rp20.000/kg, kini turun menjadi Rp18.000/kg, namun harga ini masih tetap mahal karena harga normalnya hanya Rp10.000-Rp11.000/kg.

Dia mengatakan, harga kentang dan wortel juga mengalami kenaikan dari Rp14.000/kg menjadi Rp15.000/kg, begitu pula harga sayur kol naik dari Rp7.000/kg menjadi Rp11.000/kg.

Sementara itu, sejumlah distributor di Ternate, menjamin stok sembilan bahan pokok (sembako) yang dimilikinya untuk warga Ternate aman hingga tiga bulan ke depan.

Manajer Penjualan PT Firma Agung, Yohanes ketika dikonfirmasi mengakui, sembako untuk kebutuhan masyarakat saat Ramadan hingga Idul Fitri telah tersedia dan tidak akan mengalami kekurangan stok.

Dia memastikan saat ini stok pada bulan Ramadan ini memang aman, begitu juga dengan harganya dan yang ada ini disesuaikan dengan harga Jawa yang mengalami kenaikan, maka harus dinaikan juga, kalau tidak pasti mengalami kerugian.

“Harga saat ini stabil sampai Ramadan, namun jika di Pulau Jawa mengalami kenaikan, setidaknya sedikit, kami juga menaikannya sesuai hukum dagang,” katanya.

Sebelumnya, Kadis Periperindag Ternate, Nuryadin Rahman ketika dihubungi secara terpisah mengimbau kepada masyarakat agar ketika berbelanja berbagai kebutuhan Ramadan tidak berlebihan, karena hal itu justru akan mendorong pedagang untuk menaikkan harga.

Bahkan, Disperindag memastikan stok kebutuhan pokok di daerah ini, untuk kebutuhan Ramadan cukup tersedia, sehingga tidak ada asalan bagi masyarakat untuk memborong kebutuhan pokok karena khawatir akan terjadi kelangkaan stok. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Penggratisan Suramadu: Memperdalam Kekeliruan Kebijakan Pemerintah

"Kebijakan ini dibangun di atas paradigma benua, bertentangan dengan paradigma kepulauan. Dalam paradigma benua, kapal bukan infrastruktur, tapi jalan dan jembatan. Kapal disamakan dengan truk dan bis," Prof Danie Rosyid.

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

TERPOPULER