Harga Cabai di Singkawang Mulai Turun


PONTIANAK, SERUJI.CO.ID – Harga cabai rawit di sejumlah pasar Kota Singkawang mulai mengalami penurunan mendekati bulan suci Ramadhan.

Kasi Distribusi Barang dan Perdagangan Luar Negeri Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Singkawang, Helmi Aswandi mengatakan, berdasarkan pantauannya pada Ahad (6/5) kemarin, harga cabai rawit telah mengalami penurunan.

“Pada minggu sebelumnya dijual seharga Rp55 ribu per kilogram, justru kemarin turun signifikan dikisaran Rp38 ribu – Rp40 ribu per kilogram atau sekitar 29 persen,” kata Helmi, Senin (7/6).

Menurut pengakuan para pedagang, penurunan harga pada cabai rawit disebabkan stok cabai di pasaran Singkawang melimpah.

“Hal itu disebabkan pasokan bertambah yang diakibatkan telah masuknya musim panen untuk komoditas cabai rawit di wilayah centra penghasil cabai di sekitar Kota Singkawang,” ujarnya.

Demikian pula dengan cabai merah besar, yang menurutnya juga telah mengalami penurunan harga.

“Pada minggu sebelumnya dijual seharga Rp30 ribu per kilogram, namun kemarin turun menjadi Rp25 ribu per kilogram,” ungkapnya.

Sedangkan untuk komoditi lain seperti telur ayam, sampai saat ini masih stabil diharga Rp20 ribu – Rp21 ribu per kilogram.

“Artinya, belum ada perkembangan harga untuk komoditi telur,” tuturnya.

Sementara bawang putih ada penurunan sedikit, yang mana pada minggu lalu dijual dikisaran Rp25 ribu – Rp26 ribu per kilogram, namun sekarang turun menjadi Rp24 ribu per kilogram.

Untuk ayam potong, lanjutnya, masih dijual dikisaran Rp35 ribu – Rp38 ribu per kilogram. Harga ini, menurutnya masih terbilang tinggi. Demikian pula dengan harga daging sapi yang masih stabil diharga tinggi yakni Rp120 ribu per kilogram.

Biasanya, tambah dia, beberapa hari menjelang puasa, sudah ada perkembangan harga. Tapi untuk sekarang masih belum ada.

“Artinya kondisi perkembangan harga kebutuhan pokok secara umum masih tetap stabil,” jelasnya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ahmad Dhani The Warrior

Jika John Lennon mampu menciptakan "protest song" seperti "Give peace a chance" atau "imagine", tanpa penderitaan di penjara, maka Dhani akan mampu lebih hebat dari Lennon. Maksudnya, dia selain penggubah lagu/syair dan penyanyi, akan sekaligus menjadi sang pejuang. Ahmad Dhani The Warrior.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.
close