Harga Cabai di Singkawang Mulai Turun


PONTIANAK, SERUJI.CO.ID – Harga cabai rawit di sejumlah pasar Kota Singkawang mulai mengalami penurunan mendekati bulan suci Ramadhan.

Kasi Distribusi Barang dan Perdagangan Luar Negeri Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Singkawang, Helmi Aswandi mengatakan, berdasarkan pantauannya pada Ahad (6/5) kemarin, harga cabai rawit telah mengalami penurunan.

“Pada minggu sebelumnya dijual seharga Rp55 ribu per kilogram, justru kemarin turun signifikan dikisaran Rp38 ribu – Rp40 ribu per kilogram atau sekitar 29 persen,” kata Helmi, Senin (7/6).

Menurut pengakuan para pedagang, penurunan harga pada cabai rawit disebabkan stok cabai di pasaran Singkawang melimpah.

“Hal itu disebabkan pasokan bertambah yang diakibatkan telah masuknya musim panen untuk komoditas cabai rawit di wilayah centra penghasil cabai di sekitar Kota Singkawang,” ujarnya.

Demikian pula dengan cabai merah besar, yang menurutnya juga telah mengalami penurunan harga.

“Pada minggu sebelumnya dijual seharga Rp30 ribu per kilogram, namun kemarin turun menjadi Rp25 ribu per kilogram,” ungkapnya.

Sedangkan untuk komoditi lain seperti telur ayam, sampai saat ini masih stabil diharga Rp20 ribu – Rp21 ribu per kilogram.

“Artinya, belum ada perkembangan harga untuk komoditi telur,” tuturnya.

Sementara bawang putih ada penurunan sedikit, yang mana pada minggu lalu dijual dikisaran Rp25 ribu – Rp26 ribu per kilogram, namun sekarang turun menjadi Rp24 ribu per kilogram.

Untuk ayam potong, lanjutnya, masih dijual dikisaran Rp35 ribu – Rp38 ribu per kilogram. Harga ini, menurutnya masih terbilang tinggi. Demikian pula dengan harga daging sapi yang masih stabil diharga tinggi yakni Rp120 ribu per kilogram.

Biasanya, tambah dia, beberapa hari menjelang puasa, sudah ada perkembangan harga. Tapi untuk sekarang masih belum ada.

“Artinya kondisi perkembangan harga kebutuhan pokok secara umum masih tetap stabil,” jelasnya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Masa Bakti Dewan Pendidikan 2014-2019 Berakhir, Pemkot Surabaya Buka Rekrutmen

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Supomo mengatakan bahwa proses rekrutmen akan dimulai dengan pendafatran yang dilakukan secara daring (online) mulai hari ini, Selasa (18/2) hingga Jumat (28/2) mendatang.

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

Flash: Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK Terkait Dugaan Pengadaan Barang dan Jasa

OTT KPK ini, adalah juga yang pertama kali sejak revisi UU KPK diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002.

TERPOPULER

Ternyata Menteri Agama Berasal dari Ormas Islam Yang Sama dengan Ustadz Tengku Zulkarnain

Fachrul Razi tercatat sebagai anggota Majelis Amanah Pusat PB Math'laul Anwar sejak 2018 berdasarkan Surat Keputusan nomor A.166/KPTS/PBMA/V/2018 yang ditandatangani Ketua Umum PB MA, Ahmad Sadeli Karim dan Sekjen Oke Setiadi
close