Gempa Berkekuatan 4,2 SR Guncang Buton

KENDARI – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), merilis bahwa hari Kamis (6/7) terjadi gempa bumi tektonik berkekuatan 4,2 SR mengguncang wilayah Timur laut Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara dan sekitarnya.

“Hasil analisis BMKG Kendari, menunjukan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 19:54:51 Wita dengan kekuatan 4,2 SR dengan episenter pada koordinat 5.29 LS – 123.04 BT sekitar 6 KM Timur laut Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 22 KM,” kata Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, Kamis malam.

Ia mengatakan, peta tingkat goncangan (Shakemap) BMKG menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa goncangan kuat dirasakan di Kecamatan Kapuntori dalam skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI).

“Di daerah ini goncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh banyak orang,” katanya.

Hasil koordinasi hingga saat laporan ini dibuat katanya, belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

“Terkait dengan peristiwa gempa bumi di wilayah Kabupaten Buton ini, hingga laporan ini disusun pada pukul 21.00 WITA, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan,” katanya.

Untuk itu katanya, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa dengan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

“Gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Ditinjau dari kedalamannya, katanya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal di Pulau Buton yang berada di Timur laut Kabupaten Buton. (IwanY)

Sumber:Antara

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.