Gempa 4.9 SR Guncang Lembata

0
36
gempa lembata
Dampak gempa Lembata, warga Ile Ape diungsikan. (Foto: Dok BMKG)

KUPANG, SERUJI.CO.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa bumi tektonik berkekuatan 4,9 Skala Richter (SR), pada Rabu pagi (11/10), mengguncang wilayah Lembata dan sekitarnya.

“Rabu ini pukul 07.10 Wita, kami mencatat wilayah Lembata dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik,” kata Kepala BMKG Kupang/Koordinator BMKG NTT, Hasanudin, Rabu (11/10).

Hasil analisis BMKG menunjukan gempa bumi yang terjadi berkekuatan 4,9 Skala Richter.

Pusat gempa bumi berada di laut 29 km arah Barat Laut Kota Lewoleba, Lembata dengan koordinat 8.23 Lintang Selatan dan 123.37 Bujur Timur di laut pada kedalaman 10 km.

Berdasarkan hasil analisis peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG, dampak gempa bumi itu menimbulkan guncangan pada II Skala Intensitas Gempa bumi BMKG (SIG-BMKG).

Atau III-IV skala intensitas Modified Mercally Intensity (MMI) di wilayah Lembata, kemudian berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG getaran gempa bumi dirasakan II SIG-BMKG (III-IV MMI) di wilayah Lembata, katanya.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi itu merupakan jenis gempa bumi tektonik akibat sesar aktif di sekitar Lembata hingga memicu terjadinya gempa bumi.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi Lembata, yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 08.00 Wita, tidak terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

“Masyarakat diimbau tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG mengingat gempa bumi yang terjadi kekuatannya relatif kecil, dan tidak berpotensi tsunami,” kata Hasanudin.

Sejak Ahad (8/10), wilayah Lembata dan sekitarnya terus diguncang gempa bumi.

Disamping itu, warga dari empat desa yang bermukim di sekitar lereng Gunung Lewotolok diungsikan untuk menghindari jatuhnya korban jiwa. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polisi Menangkap Pengedar Tramadol 1.000 Butir

MUARA TEWEH, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Sektor Kecamatan Montallat, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menangkap seorang tersangka bernama Hartawan (36) diduga sebagai pengedar obat terlarang...
narkoba

Polisi Menangkap Lima Pelajar Pekanbaru Pesta Narkoba

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Sektor Tenayan Rayan, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, menangkap lima pelajar yang terdiri atas empat remaja pria dan seorang remaja perempuan...

Persija Ingin Akhiri Penyisihan AFC Dengan Kemenangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persija Jakarta ingin mengakhiri pertandingan penyisihan Grup H Piala AFC dengan kemenangan di kandang Tampines Rovers Singapura, Selasa (24/4), karena dengan meraih...

Polres Cianjur Amankan Dua Perempuan Konsumsi Obat Terlarang

CIANJUR, SERUJI.CO.ID - Polres Cianjur, Jawa Barat, mengamankan dua orang perempuan dari tempat hiburan karena diduga mengkonsumsi obat terlarang saat menggelar operasi cipta kondisi bersama...
bambang soesatyo

DPR: Akselerasi Jaringan Internet di Indonesia Bagian Tengah dan Timur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah mengakselerasi jaringan internet di Indonesia bagian Tengah dan Timur, yaitu dengan menyiapkan dan memfungsikan...