DPRD Penajam: Pertamina Siap Ganti Rugi Pencamaran Minyak

PENAJAM, SERUJI.CO.ID – PT Pertamina (Persero) meminta data kerugian dampak pencemaran minyak mentah yang terjadi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dan siap memberikan ganti rugi atas pencemaran itu, kata Wakil Ketua DPRD Syahruddin M Noor, Selasa (10/4).

Syahruddin mengatakan bahwa Pertamina siap memberikan kompensasi dari dampak pencemaran minyak dengan data yang dapat dipercaya.

Pertamina siap memberikan ganti rugi atas pencemaran yang terjadi akibat tumpahan minyak di Teluk Balikpapan, serta kebocoran pipa penyalur minyak mentah di kawasan RT 04 Kelurahan Nenang, Kecamatan Penajam.

Senior Manager PT Pertamina (Persero) RU V Balikpapan Prayitno bersama General Affair Eko Henanto saat menghadiri undangan rapat dengar pendapat dengan DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara menyatakan, Pertamina siap memberikan kompensasi atas pencemaran tersebut.

Pemberian ganti rugi mengacu pada data kerugian yang dapat dipercaya, sebab dana yang dikeluarkan perusahaan akan diaudit dan bisa dipertanggungjawabkan, sedangkan masalah sanksi hukum diserahkan kepada kepolisian.

Untuk itu, DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara meminta segera membentuk tim gabungan untuk mengumpulkan data, serta membuka posko pelaporan data dampak bencana pencemaran minyak mentah tersebut.

Syahruddin berharap ganti rugi dapat direalisasikan secepatnya, jangan sampai berlarut-larut. Selain itu, Pertamina juga harus bersikap cepat tanggap dan profesional jika terjadi peristiwa serupa di wilayah Penajam Paser Utara.

“Permasalahan ini bukan main-main, Pertamina harus serius. Jika tidak ditindaklanjuti, DPRD akan membentuk pansus (panitia khusus) terkait pencemaran minyak mentah di wilayah Penajam,” kata politisi Partai Demokrat tersebut.

Dari data yang dihimpun Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, sebanyak 1.546 warga dari 385 kepala keluarga yang tinggal di pesisir pantai Penajam terdampak tumpahan minyak mentah itu, serta mencemari tambak dan belat milik masyarakat.

Sedangkan limbah minyak dari kebocoran pipa di kawasan RT 04 Kelurahan Nenang mencemari tambak milik masyarakat, serta sebanyak 885 warga dari 236 kepala keluarga di Kelurahan Nenang terdampak kebocoran pipa minyak penyalur minyak mentah tersebut.

Selain itu, ekosistem lingkungan juga mengalami kerusakan dan lebih kurang 10.000 bibit tanaman bakau (mangrove) rusak dan mati. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Potret Pengelolaan BUMN: Prinsip GCG vs Managemen “Koncoisme”

Fenomena pengelolaan BUMN dan BUMD yang tidak mengindahkan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip GCG sangat potensial membawa kerugian dan kebangkrutan terhadap perusahaan BUMN dan BUMD yang bersangkutan.

Reposisi Sekolah Demi Pendidikan

Menempatkan sekolah sebagai lembaga yang paling membentuk keterpelajaran seseorang adalah mitos dan tahayul, kalau tidak bisa disebut hoaks.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.