DPRD Minta Pemkab Seruyan Awasi Distribusi Elpiji Bersubsidi

0
12
Ilustrasi.

KUALA PEMBUANG, SERUJI.CO.ID – DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, meminta pemerintah setempat untuk mengawasi pendistribusian gas elpiji bersubsidi ukuran tiga kilogram.

“Distribusi elpiji bersubsidi harus diawasi ketat, terutama oleh Pemkab agar tepat sasaran, yakni untuk masyarakat tidak mampu, rumah tangga, dan usaha kecil menengah (UKM),” kata Anggota DPRD Seruyan Muhammad Aswin di Kuala Pembuang, Kamis (17/5).

Ia mengatakan, saat ini pengawasan terhadap elpiji tiga kilogram masih lemah. Akibatnya, elpiji yang sudah disubsidi oleh pemerintah belum sepenuhnya dinikmati oleh masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Yang sekarang terjadi. Banyak masyarakat kita yang sulit mendapatkan elpiji karena distribusi elpiji belum berjalan dengan baik, dan hal itu disebabkan masih lemahnya pengawasan,” katanya.

Ia menuturkan, elpiji tiga kilogram merupakan salah satu kebutuhan strategis masyarakat yang masih mendapatkan subsidi dari negara sehingga menjadi kewajiban aparatur pemerintah untuk mengawal dengan melakukan pengawasan agar peruntukannya tepat jumlah dan tepat sasaran.

Oleh karena itu, Pemkab Seruyan melalui satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) terkait bersama dengan Pertamina perlu sesekali turun ke lapangan untuk memantau langsung distribusi elpiji di pangkalan.

“Pemantauan ke lapangan diperlukan guna memastikan elpiji terdistribusi dengan baik,” katanya.

Politisi Nasdem ini menambahkan, masyarakat juga hendaknya turut aktif membantu pemerintah untuk melakukan pengawasan distribusi elpiji tiga kilogram agar tepat sasaran.

“Masyarakat juga jangan berdiam diri tapi ikut mengawasi, kalau ada penyelewengan segera laporkan agar distribusi elpiji benar-benar berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara, Camat Seruyan Hilir Didi Darmadi mengakui, distribusi elpiji elpiji bersubsidi banyak salah sasaran, karena pola distribusi yang belum tepat serta tidak ada data yang menjadi acuan untuk mendistribusikan elpiji subsidi.

“Kita sudah menyampaikan kepada agen Pertamina agar distribusi elpiji subsidi mencontoh pada program beras sejahtera (Rastra), mulai dari data hingga pola distribusinya agar distribusinya menjadi jelas,” katanya.

Ia menambahkan, distribusi elpiji bersubsidi di Seruyan belum berjalan dengan baik karena pemerintah daerah tidak pernah dilibatkan dalam pendistribusian elpiji. Akibatnya, siapa yang bertanggungjawab dalam melakukan penyaluran, pengawasan serta evaluasi distribusi elpiji menjadi tidak jelas.

“Elpiji tiga kilogram adalah program khusus, jadi harusnya dilaksanakan secara khusus, bukan dilepas begitu saja sehingga tidak terkontrol seperti sekarang,” katanya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polda Sulsel Ringkus Sindikat Narkoba Jaringan Internasional

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID - Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sulawesi Selatan meringkus tersangka, yang merupakan sindikat peredaran narkoba jaringan internasional, setelah lebih dari dua tahun...
Pemukiman Yahudi di Tepi Barat

Israel Akan Bangun Ribuan Rumah Baru di Tepi Barat

YERUSALEM, SERUJI.CO.ID - Menteri Pertahanan Israel pada Kamis (24/5) mengatakan berencana meminta persetujuan untuk pembangunan sekitar 2.500 rumah baru sebagai permukiman Yahudi di Tepi...
ott, korupsi

KPK Periksa Bupati Buton Selatan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Bupati Buton Selatan Agus Feisal Hidayat bersama enam orang yang diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT) tiba...

Thailand Rebut Angka Pertama Atas Indonesia di Piala Uber

BANGKOK, SERUJI.CO.ID - Tim Thailand merebut angka pertama atas Indonesia pada pertandingan babak perempat final turnamen bulu tangkis beregu putri Piala Uber melalui pemain...

Angka Kurang Gizi di NTB Masih Tinggi

MATARAM, SERUJI.CO.ID - Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat menyebutkan angka kurang gizi di wilayah itu masih tergolong tinggi. "Masih tinggi prevalensi kurang gizi di NTB,...