DPRD Minta Pemkab Seruyan Awasi Distribusi Elpiji Bersubsidi

KUALA PEMBUANG, SERUJI.CO.ID – DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, meminta pemerintah setempat untuk mengawasi pendistribusian gas elpiji bersubsidi ukuran tiga kilogram.

“Distribusi elpiji bersubsidi harus diawasi ketat, terutama oleh Pemkab agar tepat sasaran, yakni untuk masyarakat tidak mampu, rumah tangga, dan usaha kecil menengah (UKM),” kata Anggota DPRD Seruyan Muhammad Aswin di Kuala Pembuang, Kamis (17/5).

Ia mengatakan, saat ini pengawasan terhadap elpiji tiga kilogram masih lemah. Akibatnya, elpiji yang sudah disubsidi oleh pemerintah belum sepenuhnya dinikmati oleh masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Yang sekarang terjadi. Banyak masyarakat kita yang sulit mendapatkan elpiji karena distribusi elpiji belum berjalan dengan baik, dan hal itu disebabkan masih lemahnya pengawasan,” katanya.

Ia menuturkan, elpiji tiga kilogram merupakan salah satu kebutuhan strategis masyarakat yang masih mendapatkan subsidi dari negara sehingga menjadi kewajiban aparatur pemerintah untuk mengawal dengan melakukan pengawasan agar peruntukannya tepat jumlah dan tepat sasaran.

Oleh karena itu, Pemkab Seruyan melalui satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) terkait bersama dengan Pertamina perlu sesekali turun ke lapangan untuk memantau langsung distribusi elpiji di pangkalan.

“Pemantauan ke lapangan diperlukan guna memastikan elpiji terdistribusi dengan baik,” katanya.

Politisi Nasdem ini menambahkan, masyarakat juga hendaknya turut aktif membantu pemerintah untuk melakukan pengawasan distribusi elpiji tiga kilogram agar tepat sasaran.

“Masyarakat juga jangan berdiam diri tapi ikut mengawasi, kalau ada penyelewengan segera laporkan agar distribusi elpiji benar-benar berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara, Camat Seruyan Hilir Didi Darmadi mengakui, distribusi elpiji elpiji bersubsidi banyak salah sasaran, karena pola distribusi yang belum tepat serta tidak ada data yang menjadi acuan untuk mendistribusikan elpiji subsidi.

“Kita sudah menyampaikan kepada agen Pertamina agar distribusi elpiji subsidi mencontoh pada program beras sejahtera (Rastra), mulai dari data hingga pola distribusinya agar distribusinya menjadi jelas,” katanya.

Ia menambahkan, distribusi elpiji bersubsidi di Seruyan belum berjalan dengan baik karena pemerintah daerah tidak pernah dilibatkan dalam pendistribusian elpiji. Akibatnya, siapa yang bertanggungjawab dalam melakukan penyaluran, pengawasan serta evaluasi distribusi elpiji menjadi tidak jelas.

“Elpiji tiga kilogram adalah program khusus, jadi harusnya dilaksanakan secara khusus, bukan dilepas begitu saja sehingga tidak terkontrol seperti sekarang,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Jokowi, Propaganda Rusia dan Rand Corporation

Penggunaan istilah Propaganda Rusia ini menjadi masalah besar sebab dalam kapasitas apa Jokowi menyatakan hal tersebut? Apakah sebagai Presiden Republik Indonesia atau sebatas calon presiden (Capres)?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER