DPRD Imbau Pedagang Tidak Jual Sarden Bercacing

BUNTOK, SERUJI.CO.ID -DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mengharapkan kepada para pedagang di wilayah setempat agar tidak menjual produk ikan kaleng yang mengandung parasit cacing.

“Kita mengimbau kepada para pedagang agar tidak menjual ikan kaleng yang mengandung parasit cacing,” kata Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, H. Hasanuddin Agani, di Buntok, Senin (9/4).

Karena lanjut dia, berdasarkan informasi dari Badan Pengawas Obat, dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia, ada sebanyak 27 produk makanan ikan kaleng yang positif mengandung parasit cacing.

“Kita juga mengimbau kepada instansi terkait agar terus melakukan sosialisasi, dan melakukan penertiban terhadap 27 produk makanan ikan kaleng tersebut di toko-toko di daerah ini,” kata politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) Barsel itu.

Hal tersebut kata dia, agar produk-produk makanan kaleng ikan makarel yang ditemukan mengandung parasit cacing tersebut tidak dipajang pada etalase toko.

Baca juga: Disperindag Jembrana Temukan Sarden Bercacing

Sementara Kabid Perdagangan pada Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Barsel, Junaidi menyampaikan, pihaknya bersama Dinas Kesehatan, dan Kepolisian beberapa waktu lalu telah melaksanakan pemantauan terhadap 27 produk tersebut.

Berdasarkan hasil pemantauan dilapangan, pihaknya menemukan produk makanan ikan kaleng yang mengandung parasit cacing, dan makanan kadaluarsa yang masih dipajang dietalase toko.

“Produk makanan ikan kaleng, maupun makanan lainnya yang sudah kadaluarsa itu, kita masukan kedalam kotak, dan disegel agar para pedagang tidak menjual produk itu lagi,” ujar Kabid Perdagangan pada Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Barito Selatan itu.

Pihaknya juga menempelkan didepan sejumlah toko untuk memberitahukan mengenai jenis produk makanan ikan kaleng yang mengandung parasit cacing.

Adapun 27 jenis produk makanan yang mengandung parasit cacing itu yakni produk ABC ikan makarel saus tomat, ikan makarel saus ekstra pedas, dan ikan makarel saus cabai.

Kemudian lanjut dia, ABT ikan makarel saus tomat, ayam brand ikan makarel saus tomat, dan ikan makarel goreng, Botan jenis ikan makarel, Cip ikan makarel, Dongwon ikan makarel larutan garam. Dr Fish ikan makarel saus tomat.

Farmerjack jenis ikan makarel saus tomat, Fiesta Seafood jenis ikan makarel saus tomat, ikan makarel saus cabai, dan ikan makarel saus balado. Gaga jenis ikan makarel dalam saus tomat, dan cabe.

Produk manakan Hoki jenis ikan makarel saus tomat, Hosen ikan makarel saus tomat, IO ikan makarel saus tomat, Jojo ikan makarel saus tomat. King’s Fisher ikan makarel saus tomat. LSC ikan makarel saus tomat.

Produk makanan Maya ikan makarel saus tomat, dan ikan makarel saus cabai, produk makanan Nago/Nagos ikan makarel saus tomat. Naraya ikan makarel saus tomat, Pesca ikan makarel saus tomat.

Produk makanan Phong Sung ikan makarel saus tomat, Pronas. Ikan makarel. Saus pedas, dan ikan makarel saus tomat. Ranesa ikan makarel saus tomat, dan makarel saus cabai. S&W ikan makarel dalam larutan garam.

Sempio ikan makarel dalam kaleng, dan ikan makarel larutan garam, Produk makanan TLC ikan makarel dalam saus tomat, dan TSC ikan makarel dalam saus tomat. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Prabowo Subianto, “What Is To Be Done”: Catatan atas Pidato Prabowo

Pidato Prabowo Subianto menggelegar di bumi nusantara kemarin malam. Jutaan atau puluhan juta menyaksikan pidato visi-misi tersebut. Dari sisi pidato, Prabowo luar biasa, mampu sebagai "singa podium", yang menjelaskan pikiran-pikirannya seolah berinteraksi dengan suasana audiens dan seolah tanpa teks.

Umat Islam Harus Menangkan Pilpres dan Pileg

Mengingat betapa pentingnya momentum Pemilu 17 April 2019, maka umat Islam harus benar-benar berjuang dan mempunyai komitmen untuk dapat memenangkan pertarungan politik baik untuk Pilpres maupun Pileg yaitu memilih calon Paslon Presiden/Wapres serta Caleg yang didukung oleh Partai Politik yang memang punya komitmen berjuang dan keberpihakan untuk kepentingan Umat Islam dalam semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kalimantan, Tumpuan Indonesia ke Depan

Kalau ada orang orang memandang remeh Kalimantan, saya pastikan yang bersangkutan kurang banyak piknik di dalam negeri

Kolaborasi Jadi Kunci Perangi Disinformasi dalam Konten Digital

Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur (AMSI) Jatim berkolaborasi dengan Polda Jawa Timur, Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya berupaya bersama-sama memerangi hoaks melalui stakeholders meeting

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

TERPOPULER