DPRD Imbau Pedagang Tidak Jual Sarden Bercacing

BUNTOK, SERUJI.CO.ID -DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mengharapkan kepada para pedagang di wilayah setempat agar tidak menjual produk ikan kaleng yang mengandung parasit cacing.

“Kita mengimbau kepada para pedagang agar tidak menjual ikan kaleng yang mengandung parasit cacing,” kata Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, H. Hasanuddin Agani, di Buntok, Senin (9/4).

Karena lanjut dia, berdasarkan informasi dari Badan Pengawas Obat, dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia, ada sebanyak 27 produk makanan ikan kaleng yang positif mengandung parasit cacing.

“Kita juga mengimbau kepada instansi terkait agar terus melakukan sosialisasi, dan melakukan penertiban terhadap 27 produk makanan ikan kaleng tersebut di toko-toko di daerah ini,” kata politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) Barsel itu.

Hal tersebut kata dia, agar produk-produk makanan kaleng ikan makarel yang ditemukan mengandung parasit cacing tersebut tidak dipajang pada etalase toko.

Baca juga: Disperindag Jembrana Temukan Sarden Bercacing

Sementara Kabid Perdagangan pada Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Barsel, Junaidi menyampaikan, pihaknya bersama Dinas Kesehatan, dan Kepolisian beberapa waktu lalu telah melaksanakan pemantauan terhadap 27 produk tersebut.

Berdasarkan hasil pemantauan dilapangan, pihaknya menemukan produk makanan ikan kaleng yang mengandung parasit cacing, dan makanan kadaluarsa yang masih dipajang dietalase toko.

“Produk makanan ikan kaleng, maupun makanan lainnya yang sudah kadaluarsa itu, kita masukan kedalam kotak, dan disegel agar para pedagang tidak menjual produk itu lagi,” ujar Kabid Perdagangan pada Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Barito Selatan itu.

Pihaknya juga menempelkan didepan sejumlah toko untuk memberitahukan mengenai jenis produk makanan ikan kaleng yang mengandung parasit cacing.

Adapun 27 jenis produk makanan yang mengandung parasit cacing itu yakni produk ABC ikan makarel saus tomat, ikan makarel saus ekstra pedas, dan ikan makarel saus cabai.

Kemudian lanjut dia, ABT ikan makarel saus tomat, ayam brand ikan makarel saus tomat, dan ikan makarel goreng, Botan jenis ikan makarel, Cip ikan makarel, Dongwon ikan makarel larutan garam. Dr Fish ikan makarel saus tomat.

Farmerjack jenis ikan makarel saus tomat, Fiesta Seafood jenis ikan makarel saus tomat, ikan makarel saus cabai, dan ikan makarel saus balado. Gaga jenis ikan makarel dalam saus tomat, dan cabe.

Produk manakan Hoki jenis ikan makarel saus tomat, Hosen ikan makarel saus tomat, IO ikan makarel saus tomat, Jojo ikan makarel saus tomat. King’s Fisher ikan makarel saus tomat. LSC ikan makarel saus tomat.

Produk makanan Maya ikan makarel saus tomat, dan ikan makarel saus cabai, produk makanan Nago/Nagos ikan makarel saus tomat. Naraya ikan makarel saus tomat, Pesca ikan makarel saus tomat.

Produk makanan Phong Sung ikan makarel saus tomat, Pronas. Ikan makarel. Saus pedas, dan ikan makarel saus tomat. Ranesa ikan makarel saus tomat, dan makarel saus cabai. S&W ikan makarel dalam larutan garam.

Sempio ikan makarel dalam kaleng, dan ikan makarel larutan garam, Produk makanan TLC ikan makarel dalam saus tomat, dan TSC ikan makarel dalam saus tomat. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bagaimana Kalau Prabowo Kalah Lagi?

Terpilih kembali atau tidaknya petahana adalah sebuah hal yang wajar di alam demokrasi. Karena tujuan dari pesta demokrasi, atau yang kita sebut Pilpres ini, adalah untuk mengukur kepuasan dan ketidakpuasan pada petahana.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER