DPRD Imbau Pedagang Tidak Jual Sarden Bercacing

BUNTOK, SERUJI.CO.ID -DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mengharapkan kepada para pedagang di wilayah setempat agar tidak menjual produk ikan kaleng yang mengandung parasit cacing.

“Kita mengimbau kepada para pedagang agar tidak menjual ikan kaleng yang mengandung parasit cacing,” kata Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, H. Hasanuddin Agani, di Buntok, Senin (9/4).

Karena lanjut dia, berdasarkan informasi dari Badan Pengawas Obat, dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia, ada sebanyak 27 produk makanan ikan kaleng yang positif mengandung parasit cacing.

“Kita juga mengimbau kepada instansi terkait agar terus melakukan sosialisasi, dan melakukan penertiban terhadap 27 produk makanan ikan kaleng tersebut di toko-toko di daerah ini,” kata politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) Barsel itu.

Hal tersebut kata dia, agar produk-produk makanan kaleng ikan makarel yang ditemukan mengandung parasit cacing tersebut tidak dipajang pada etalase toko.

Baca juga: Disperindag Jembrana Temukan Sarden Bercacing

Sementara Kabid Perdagangan pada Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Barsel, Junaidi menyampaikan, pihaknya bersama Dinas Kesehatan, dan Kepolisian beberapa waktu lalu telah melaksanakan pemantauan terhadap 27 produk tersebut.

Berdasarkan hasil pemantauan dilapangan, pihaknya menemukan produk makanan ikan kaleng yang mengandung parasit cacing, dan makanan kadaluarsa yang masih dipajang dietalase toko.

“Produk makanan ikan kaleng, maupun makanan lainnya yang sudah kadaluarsa itu, kita masukan kedalam kotak, dan disegel agar para pedagang tidak menjual produk itu lagi,” ujar Kabid Perdagangan pada Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Barito Selatan itu.

Pihaknya juga menempelkan didepan sejumlah toko untuk memberitahukan mengenai jenis produk makanan ikan kaleng yang mengandung parasit cacing.

Adapun 27 jenis produk makanan yang mengandung parasit cacing itu yakni produk ABC ikan makarel saus tomat, ikan makarel saus ekstra pedas, dan ikan makarel saus cabai.

Kemudian lanjut dia, ABT ikan makarel saus tomat, ayam brand ikan makarel saus tomat, dan ikan makarel goreng, Botan jenis ikan makarel, Cip ikan makarel, Dongwon ikan makarel larutan garam. Dr Fish ikan makarel saus tomat.

Farmerjack jenis ikan makarel saus tomat, Fiesta Seafood jenis ikan makarel saus tomat, ikan makarel saus cabai, dan ikan makarel saus balado. Gaga jenis ikan makarel dalam saus tomat, dan cabe.

Produk manakan Hoki jenis ikan makarel saus tomat, Hosen ikan makarel saus tomat, IO ikan makarel saus tomat, Jojo ikan makarel saus tomat. King’s Fisher ikan makarel saus tomat. LSC ikan makarel saus tomat.

Produk makanan Maya ikan makarel saus tomat, dan ikan makarel saus cabai, produk makanan Nago/Nagos ikan makarel saus tomat. Naraya ikan makarel saus tomat, Pesca ikan makarel saus tomat.

Produk makanan Phong Sung ikan makarel saus tomat, Pronas. Ikan makarel. Saus pedas, dan ikan makarel saus tomat. Ranesa ikan makarel saus tomat, dan makarel saus cabai. S&W ikan makarel dalam larutan garam.

Sempio ikan makarel dalam kaleng, dan ikan makarel larutan garam, Produk makanan TLC ikan makarel dalam saus tomat, dan TSC ikan makarel dalam saus tomat. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengenal Lebih Dekat Komisi Anti Korupsi Hongkong

Hubungan persahabatan antara KPK dan ICAC telah terjalin dengan baik selama dua tahun terakhir. Kerjasama kedua lembaga anti rasuah tersebut sebagian besar menyangkut peningkatan kapasitas KPK, terutama dibidang akuntansi forensik, pemulihan aset, dan tehnik investigasi.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.