Disperindag Intensif Pantau Stok Beras di Maluku Tengah

0
22
beras sejahtera
Ilustrasi

AMBON, SERUJI.CO.ID – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Maluku Tengah intensif memantau beras, terutama stok maupun harga pada awal pelaksanaan ibadah Puasa 2018 agar tidak meresahkan masyarakat.

“Kami tidak menginginkan momentum ibadah Puasa dimanfaatkan oknum pedagang di pasar untuk melakukan manipulasi harga sehingga pemantauan diintensifkan,” kata Kadis Perindag Maluku Tengah, Kace Pattiasina, Jumat (18/5).

Tim menemukakan harga beras premium di Masohi, ibu kota kabupaten Maluku Tengah saat ini mengalami kenaikan karena tinggi permintaan masyarakat.

Loading...

Berdasarkan pemantauan di pasaran Binaya dan lainnya ternyata beras premium dijual bervariasi Rp14.000 – Rp15.000/Kg.

Menteri Perdagangan pada 1 September 2017 menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras premium Rp13.600/Kg dan medium Rp10.250/Kg.

Stok tersedia dalam jumlah banyak oleh para distributor. Namun, tingginya permintaan masyarakat menjelang pelaksanaan Bulan Suci Ramadan 1439 Hijriah mengakibatkan harga beras jenis premium mengalami kenaikan.

“Kami pun berkoordinasi dengan para distributor beras yang intensif memasok beras dari Makassar, Sulawesi Selatan maupun Surabaya, Jawa Timur agar tersedia stok untuk memenuhi kebutuhan lebih dari 500.000 jiwa penduduk Maluku Tengah,” kata Kace.

Dia mengakui, stok beras secara keseluruhan sebenarnya mencukupi kebutuhan masyarakat Maluku Tengah hingga paska perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah.

Stok beras juga disangga produksi petani di dataran Pasahari, Seram Utara yang berdasarkan program Bupati, Abua Tuasikal dan Wakil Bupati, Martlattu Leleurry dialokasikan anggaran untuk subsidi.

“Jadi masyarakatdi Masohi dan sekitarnya membeli beras produksi petani dataran Pasahari dengan selisih harga maupun ongkos lainnya ditanggung Pemkab Maluku Tengah,” tandas Kace.

Masyarakat Maluku Tengah juga mengomsumsi subsitusi karbohidrat seperti umbi – umbian, pisang dan jagung. (Ant/SU02)

Langganan berita lewat Telegram
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU