Disperindag Biak Intensifkan Pengawasan Barang Kedaluwarsa

BIAK, SERUJI.CO.ID – Bidang Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Biak Numfor, Papua, mengintensifkan pengawasan di lapangan terhadap penjualan peredaran makanan dan minuman kedaluwarsa menjelang puasa pada tahun ini.

“Jajaran Disperindag Biak mengingatkan kepada masyarakat agar waspada peredaran makanan dan meninuman yang masih dijual menjelang Ramadan di pasar tradisional, kios, dan toko,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Biak Yubelius Usior di Biak, Kamis (12/4).

Kadisperindag Yubelius Usior menyebutkan berbagai produk barang kedaluwarsa yang masih dijual di pasar sudah melanggar aturan yang berlaku tentang perlindungan konsumen.

Yubelius Usior mengungkapkan biasanya makanan dan minuman yang sudah kedaluwarsa dijual tersebut, di antaranya telah berubah warna serta menimbulkan bau yang tidak sedap.

Guna mencegah adanya praktik curang penjualan barang kedaluwarsa, menurut Yubelius Usior, warga Biak Numfor yang ingin membeli produk tersebut di pasar, minimarket, maupun di kios-kios harus jeli memeriksa kemasan barang bersangkutan.

“Bisa saja terjadi pengelabuan yang dilakukan para pedagang dengan cara mengubah tanggal masa berlaku makanan dan minuman yang dijual kepada konsumen, ya, ini menjadi perhatian warga jika membeli barang tertentu,” kata mantan Kadis Pariwisata itu.

Untuk menjaga produk barang yang dijual memenuhi kelayakan secara kesehatan dan batas edar, kata dia, petugas gabungan Bidang Perlindungan Konsumen Disperindag, BPOM, dan instansi terkait senantisa bekerja sama turun langsung ke lapangan melakukan razia.

Hingga Kamis, aktivitas penjualan barang pokok di pasar, kios-kios, dan minimarket berjalan normal atau belum terlihat peningkatan menjelang Ramadan 1439 Hijriah. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER