Disdukcapil Minahasa Targetkan Seluruh Anak Miliki KIA

0
40
Kartu identitas anak (foto:istimewa)

MINAHASA, SERUJI.CO.ID – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara menargetkan seluruh anak di daerah tersebut akan memiliki Kartu Identitas Anak (KIA).

“Kami targetkan tahun 2018 ini semua anak di Kabupaten Minahasa sudah memiliki KIA ,” kata Kadisdukcapil Minahasa Riviva Maringka di Tondano, Selasa (27/3).

Riviva mengatakan sebenarnya tahun 2017 kemarin KIA sudah ada, namun belum semua orang tua mengurus kelengkapan dokumen untuk mendaftarkan anak mereka. Oleh sebab itu, diharapkan tahun ini dapat terdaftar.

“Sebenarnya tahun 2017 sudah ada KIA, bahkan ada orang tua yang langsung mendaftarkan anak mereka sejak lahir, meskipun belum semua. Makanya tahun ini harapan kami supaya semua anak bisa segera didaftarkan,” tuturnya.

Ia mengatakan untuk KIA wajib diberlakukan kepada seluruh anak, berdasarkan dengan undang-undang yang ada.

“Jadi dimohonkan kepada semua orang tua segera mungkin mendaftarkan anak, karena semua anak wajib memiliki KIA,” katanya.

KIA diberlakukan bagi anak berusia 0,5 tahun sampai 17 tahun. KIA terbagi dalam dua kategori, pertama kategori umur 0-5 tahun belum menggunakan foto, sedangkan kategori kedua saat anak berusia 5-17 tahun dengan menggunakan foto.

“Secara otomatis anak 0,5 tahun langsung mendapatkan KIA ketika orang tua mengurus akte kelahiran. Untuk anak usia 0,5-5 tahun tidak memakai pas foto sedangkan 5-17 tahun menggunakan foto,” katanya.

Program ini akan terwujud atas dukungan dan inisiatif seluruh orang tua, karena sesuai peraturan perundang-undangan, KIA sudah dimulai sejak tahun 2016 dan sebagai pilot project adalah Sulawesi Utara.

“Maka dari itu, Pemkab Minahasa berinisiatif agar program ini benar-benar diberlakukan di Minahasa dan pada tahun ini akan tercover semua dalam KIA,” ujarnya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
KPU

KPU: Verifikasi Caleg Akan Diselesaikan Hari Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia menyatakan bakal menyelesaikan verifikasi administrasi calon anggota Legislatif (Caleg) DPR RI pada Sabtu (21/7) malam hari...

Gempa Sumbar Sebabkan 12 Rumah Rusak

AROSUKA, SERUJI.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok, Sumatera Barat mencatat sebanyak 12 rumah mengalami kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan 5,5 Skala...
Gempa

Solok dan Dharmasraya Juga Rasakan Gempa Padang

PADANG, SERUJI.CO.ID - Gempa berkekuatan 5,5 Skala Richter yang menguncang kota Padang, Sumatera Barat pada Sabtu (21/7) pukul 14.58 WIB juga dirasakan di Solok...

Masyarakat Berlarian ke Luar Rumah Saat Terjadi Gempa di Padang

PADANG, SERUJI.CO.ID- Gempa berkekuatan 5,5 Skala Richter (SR) kembali menguncang kota Padang, Sumatera Barat pada Sabtu (21/7) pukul 14.58 WIB setelah sebelumnya kota itu...
gempa

Gempa Sumbar Tewaskan Satu Orang

PADANG, SERUJI.CO.ID - Seorang warga Lubuk Silasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, bernama Bustami (63) meninggal dunia akibat tertimpa bangunan rumahnya...