Disdukcapil Minahasa Targetkan Seluruh Anak Miliki KIA

MINAHASA, SERUJI.CO.ID – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara menargetkan seluruh anak di daerah tersebut akan memiliki Kartu Identitas Anak (KIA).

“Kami targetkan tahun 2018 ini semua anak di Kabupaten Minahasa sudah memiliki KIA ,” kata Kadisdukcapil Minahasa Riviva Maringka di Tondano, Selasa (27/3).

Riviva mengatakan sebenarnya tahun 2017 kemarin KIA sudah ada, namun belum semua orang tua mengurus kelengkapan dokumen untuk mendaftarkan anak mereka. Oleh sebab itu, diharapkan tahun ini dapat terdaftar.

“Sebenarnya tahun 2017 sudah ada KIA, bahkan ada orang tua yang langsung mendaftarkan anak mereka sejak lahir, meskipun belum semua. Makanya tahun ini harapan kami supaya semua anak bisa segera didaftarkan,” tuturnya.

Ia mengatakan untuk KIA wajib diberlakukan kepada seluruh anak, berdasarkan dengan undang-undang yang ada.

“Jadi dimohonkan kepada semua orang tua segera mungkin mendaftarkan anak, karena semua anak wajib memiliki KIA,” katanya.

KIA diberlakukan bagi anak berusia 0,5 tahun sampai 17 tahun. KIA terbagi dalam dua kategori, pertama kategori umur 0-5 tahun belum menggunakan foto, sedangkan kategori kedua saat anak berusia 5-17 tahun dengan menggunakan foto.

“Secara otomatis anak 0,5 tahun langsung mendapatkan KIA ketika orang tua mengurus akte kelahiran. Untuk anak usia 0,5-5 tahun tidak memakai pas foto sedangkan 5-17 tahun menggunakan foto,” katanya.

Program ini akan terwujud atas dukungan dan inisiatif seluruh orang tua, karena sesuai peraturan perundang-undangan, KIA sudah dimulai sejak tahun 2016 dan sebagai pilot project adalah Sulawesi Utara.

“Maka dari itu, Pemkab Minahasa berinisiatif agar program ini benar-benar diberlakukan di Minahasa dan pada tahun ini akan tercover semua dalam KIA,” ujarnya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER