Disdukcapil Minahasa Targetkan Seluruh Anak Miliki KIA

0
15
Kartu identitas anak (foto:istimewa)

MINAHASA, SERUJI.CO.ID – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara menargetkan seluruh anak di daerah tersebut akan memiliki Kartu Identitas Anak (KIA).

“Kami targetkan tahun 2018 ini semua anak di Kabupaten Minahasa sudah memiliki KIA ,” kata Kadisdukcapil Minahasa Riviva Maringka di Tondano, Selasa (27/3).

Riviva mengatakan sebenarnya tahun 2017 kemarin KIA sudah ada, namun belum semua orang tua mengurus kelengkapan dokumen untuk mendaftarkan anak mereka. Oleh sebab itu, diharapkan tahun ini dapat terdaftar.

“Sebenarnya tahun 2017 sudah ada KIA, bahkan ada orang tua yang langsung mendaftarkan anak mereka sejak lahir, meskipun belum semua. Makanya tahun ini harapan kami supaya semua anak bisa segera didaftarkan,” tuturnya.

Ia mengatakan untuk KIA wajib diberlakukan kepada seluruh anak, berdasarkan dengan undang-undang yang ada.

“Jadi dimohonkan kepada semua orang tua segera mungkin mendaftarkan anak, karena semua anak wajib memiliki KIA,” katanya.

KIA diberlakukan bagi anak berusia 0,5 tahun sampai 17 tahun. KIA terbagi dalam dua kategori, pertama kategori umur 0-5 tahun belum menggunakan foto, sedangkan kategori kedua saat anak berusia 5-17 tahun dengan menggunakan foto.

“Secara otomatis anak 0,5 tahun langsung mendapatkan KIA ketika orang tua mengurus akte kelahiran. Untuk anak usia 0,5-5 tahun tidak memakai pas foto sedangkan 5-17 tahun menggunakan foto,” katanya.

Program ini akan terwujud atas dukungan dan inisiatif seluruh orang tua, karena sesuai peraturan perundang-undangan, KIA sudah dimulai sejak tahun 2016 dan sebagai pilot project adalah Sulawesi Utara.

“Maka dari itu, Pemkab Minahasa berinisiatif agar program ini benar-benar diberlakukan di Minahasa dan pada tahun ini akan tercover semua dalam KIA,” ujarnya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polisi Temukan Dua Kardus Miras di Pelabuhan Tahuna

MANADO, SERUJI.CO.ID - Polisi menemukan dua dus sekitar 46 botol minuman keras (miras) beralkohol jenis captikus pada sebuah kapal yang berlabuh di Pelabuhan Tahuna,...

Pakde Karwo Pastikan Sanksi ASN Yang Berfoto Tunjukkan Dukungan ke Gus Ipul-Puti

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Gubernur Jatim Soekarwo memastikan telah memberi sanksi terhadap ASN (Aparatur Sipil Negara) yang tidak netralan di Pilgub Jatim 2018, dengan berfoto...
Korban Miras Oplosan

Korban Miras Oplosan di RSUD Dr Soetomo Kian Bertambah

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Korban akibat menenggak minuman keras kian bertambah di Surabaya. Hingga kini terhitung sudah puluhan korban miras merasakan pesakitan di Rumah Sakit,...

Menangkan Pemilu 2019, Gerindra Bentuk Laskar Merah Putih

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Partai Gerindra Jatim tampaknya tak setengah-setengah dalam mengejar target Pemilu 2019 mendatang. Partai besutan Prabowo Subianto tersebut menargetkan sebanyak-banyaknya perolehan pemilu...

IFC: Indonesia Diharapkan Jadi Mode Busana Muslim Dunia

BOGOR, SERUJI.CO.ID - National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma mengatakan pertemuan dengan Presiden Jokowi menawarkan program konkrit membawa dunia ke Indonesia untuk...