Dinkes: Pengidap HIV di Kolaka Naik

KOLAKA, SERUJI.CO.ID – Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, menyatakan bahwa jumlah pengidap penyakit HIV di daerahnya mengalami peningkatan dalam dua tahun terakhir ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kolaka, Harun Massiri yang dikonfirmasi, Selasa (10/4), membenarkan terjadinya peningkatan pengidap penyakit itu khususnya kalangan pria berdasarkan temuan tim dinas kesehatan di lapangan.

“Peningkatannya sangat tinggi dua tahun terakhir,” katanya.

Menurutnya Kabupaten Kolaka merupakan salah satu daerah yang sangat terbuka dengan jalur perlintasan penduduk keluar masuk wilayah itu sehingga rentan penyakit ini berasal dari luar Kolaka.

Hasil temuan tim dilapangan kata dia pihaknya menemukan belasan orang yang mengidap penyakit itu merupakan warga Kolaka khususnya pria yang berumur sekitar 25-45 tahun.

“Ini menyangkut privasi orang jadi kita tidak bisa menyebut daerah serta nama pengidap penyakit itu dan kita sudah melakukan penanganan berupa pengobatan termasuk konseling,” jelas Harun.

Untuk mengantisipasi penularan penyakit itu kata Harun Massiri mengajak semua pemangku kepentingan termasuk ulama dan pemuka agama melakukan sosialisasi dan penyadaran terhadap masyarakat.

“Kita mengajak semua pemangku kepentingan untuk bersama-sama mencegah penularan penyakit itu kepada masyarakat dengan melakukan pendekatan keagamaan serta sosialisasi dampak dari penyakit menular itu,” jelas Harun Massiri. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengapa Riset di Indonesia ‘Mandul’? Belajar dari Thomas Edison-GE

Mengapa riset di perguruan tinggi kita mandul? Mengapa hanya menghasilkan dokumen  di rak-rak perpustakaan atau link internet yang hanya dibaca secara terpaksa oleh para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi? Simak jawabannya di sini

Mengenal Lebih Dekat Komisi Anti Korupsi Hongkong

Hubungan persahabatan antara KPK dan ICAC telah terjalin dengan baik selama dua tahun terakhir. Kerjasama kedua lembaga anti rasuah tersebut sebagian besar menyangkut peningkatan kapasitas KPK, terutama dibidang akuntansi forensik, pemulihan aset, dan tehnik investigasi.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Ghazwul Fikri dan Media