Dinkes: Pengidap HIV di Kolaka Naik

KOLAKA, SERUJI.CO.ID – Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, menyatakan bahwa jumlah pengidap penyakit HIV di daerahnya mengalami peningkatan dalam dua tahun terakhir ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kolaka, Harun Massiri yang dikonfirmasi, Selasa (10/4), membenarkan terjadinya peningkatan pengidap penyakit itu khususnya kalangan pria berdasarkan temuan tim dinas kesehatan di lapangan.

“Peningkatannya sangat tinggi dua tahun terakhir,” katanya.

Menurutnya Kabupaten Kolaka merupakan salah satu daerah yang sangat terbuka dengan jalur perlintasan penduduk keluar masuk wilayah itu sehingga rentan penyakit ini berasal dari luar Kolaka.

Hasil temuan tim dilapangan kata dia pihaknya menemukan belasan orang yang mengidap penyakit itu merupakan warga Kolaka khususnya pria yang berumur sekitar 25-45 tahun.

“Ini menyangkut privasi orang jadi kita tidak bisa menyebut daerah serta nama pengidap penyakit itu dan kita sudah melakukan penanganan berupa pengobatan termasuk konseling,” jelas Harun.

Untuk mengantisipasi penularan penyakit itu kata Harun Massiri mengajak semua pemangku kepentingan termasuk ulama dan pemuka agama melakukan sosialisasi dan penyadaran terhadap masyarakat.

“Kita mengajak semua pemangku kepentingan untuk bersama-sama mencegah penularan penyakit itu kepada masyarakat dengan melakukan pendekatan keagamaan serta sosialisasi dampak dari penyakit menular itu,” jelas Harun Massiri. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ruang Publik yang Manusiawi bersama Pancasila

Indeks dalam konteks ini telah berhasil mengucapkan sayonara pada ide sekularisme.

Prabowo dan Ratu Adil

Orang-orang besar selalu hidup dengan gagasan besar. Dalam melihat kebesaran Prabowo, tentu saja kita bisa mengamati beberapa pikiran, sikap dan langkahnya beberapa waktu terakhir ini. Diantaranya adalah pertama, Anti Impor.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER