Dinkes Kotawaringin Timur Sosialisasi Obat Golongan Narkotika

SAMPIT, SERUJI.CO.ID – Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah menyosialisasikan kepada masyarakat jenis obat-obatan mengandung karisoprodol yang kini dimasukkan dalam golongan narkotika.

“Dulu karisoprodol masuk kategori obat keras, tapi sekarang pemerintah memasukkannya ke dalam golongan narkotika karena banyak disalahgunakan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kotim dr.Faisal Novendra Cahyanto di Sampit, Kamis (10/5).

Karisoprodol sejatinya merupakan obat yang membawa efek relaksasi, namun obat ini banyak disalahgunakan di masyarakat sehingga bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, ujarnya.

Obat mengandung karisoprodol yang banyak beredar di Kotawaringin Timur adalah carnophen atau zenith. Peredarannya cukup marak sehingga Kepolisian terus gencar menertibkannya karena dampaknya sangat buruk bagi masyarakat.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2018 tentang Perubahan Penggolongan Narkotika, menyebutkan bahwa karisoprodol termasuk golongan I narkotika. Narkotika golongan I adalah narkotika yang paling berbahaya dengan daya adiktifnya sangat tinggi.

Sebelumnya, karisoprodol atau isomeprobamat, soma, dan isobamat, digolongkan ke dalam obat keras, yang aturan pemakaiannya harus berdasarkan resep dokter. Salah satu obat yang mengandung karisoprodol adalah carnophen atau zenith.

Sejak 2013 lalu, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) telah mencabut izin edar obat yang mengandung karisoprodol karena dapat membahayakan. Artinya, obat-obatan mengandung karisoprodol yang diperjualbelikan secara bebas merupakan ilegal.

Faisal menambahkan, imbauan kepada masyarakat bukan hanya karena ancaman hukuman kepemilikan obat itu makin berat karena termasuk golongan narkotika, tetapi karena obat itu memang sangat berbahaya bagi kesehatan. Masyarakat diminta melindungi diri, keluarga dan masyarakat dari narkoba.

Mengonsumsi obat mengandung karisoprodol secara berlebihan tanpa adanya resep dari dokter, akan menimbulkan interaksi antar obat yang akan bisa memicu masalah susunan saraf pusat dan efek samping seperti hipotensi, kejang, depresi pernapasan, sampai bisa dapat menyebabkan kematian.

“Kami sudah bekoordinasi dengan Direktorat Narkoba Polda Kalteng dan BNN Provinsi Kalteng, terkait masalah ini. Sosialisasi bahaya karisoprodol akan kami tingkatkan melalui berbagai kegiatan,” kata Faisal.

Sementara itu, selama ini pasal yang dijeratkan kepada pelaku pengedar dan bandar zenith, merujuk pada Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Hal itu dikarenakan sebelumnya zenith termasuk kategori obat-obatan yang peredaran dan penggunaannya harus sesuai aturan.

Namun kini, zenith dimasukkan dalam kelompok narkotika dan Polres Kotawaringin Timur menjerat pelaku juga dengan Undang-Undang tentang Narkotika, seperti halnya sabu-sabu. Sanksi berat diharapkan akan menimbulkan efek jera bagi pelaku. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

NKRI Bersyariah atau Ruang Publik Yang Manusiawi

Pertanyaannya mengapa hasil Islamicity Index berdasarkan arahan kitab suci Alquran hasilnya tak banyak beda dengan World Happiness Index. Pada dasarnya nilai terbaik dari agama Islam, sebagaimana agama lain, jika diuniversalkan, itu sama dengan aneka nilai manusiawi yang dirumuskan oleh peradaban mutakhir. Nilai yang Islami itu ternyata juga nilai yang manusiawi. Itulah ruang publik yang universal yang bisa dinikmati semua manusia, apapun agama dan keyakinannya.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER