Dinilai Lamban, Legislator Soroti Pembangunan Gedung SD Dibakar

PALANGKA RAYA, SERUJI.CO.ID – Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Rusdiansyah menyoroti lambatnya pembangunan kembali tujuh gedung sekolah dasar (SD) di kota setempat yang dibakar pada Juli 2017.

“Anggarannya sudah ada, tinggal ‘action’ saja lagi. Kalau tak segera, kasihan anak-anak murid,” kata Rusdiansyah saat dikonfirmasi dari Palangka Raya, Selasa (6/2).

Saat ini proses pembangunan tujuh SDN di “Kota Cantik” itu baru memasuki tahap lelang perencanaan.

Proses pembangunan sarana pendidikan utama tersebut meleset dari keinginan Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia yang menargetkan proyek dapat dimulai awal 2018 sehingga selesai pada tahun ajaran baru.

Pembangunan tujuh SD tersebut sangat mendesak dilakukan mengingat berkaitan langsung dengan proses pelajar mengajar siswa.

Sampai saat ini skema pembelajaran siswa yang ruang sekolahnya terbakar ada yang masuk sore, bersekolah di tenda, bergantian ruang kelas hingga menumpang di bangunan sekolah lain.

“Untuk itu kami mendorong agar Dinas Pendidikan Kota secepatnya membangun sekolah dasar yang terbakar itu, mengingat anggarannya sudah tersedia dan disetujui,” kata politisi PKB ini.

Sebelumnya Wali Kota Palangka Raya, Riban Satia juga mengakui pelaksanaan pembangunan tujuh SD tersebut meleset dari keinginan sebelumnya yang mana diharapkan dapat dibangun awal 2018 dan selesai pada tahun ajaran baru.

“Awalnya saya meminta dinas menyediakan alternatif tiga atau empat rancangan gambar bangunan sekolah tersebut. Karena Dinas Pendidikan tak punya tenaga ahli maka harusnya meminta kepada Dinas Bina Marga secara resmi. Tapi ini yang tidak dilakukan,” katanya.

Wali kota dua periode ini pun meminta instansi terkait segera menyelesaikan proses lelang agar pembangunan tujuh SD tersebut cepat dilaksanakan.

Kejadian pembakaran SD Di Palangka Raya itu yakni pada Selasa (4/7/17) SDN 1 Palangka dan SD Negeri 4 Menteng di Jalan Thamrin, Jumat (21/7/17) pukul 13.00 WIB disusul SD Negeri 4 Langkai di jalan Ais Nasution Jumat (21/7/17) pukul 15.00 WIB.

Kemudian di SD Negeri 1 Langkai, terjadi pada Sabtu (22/7) pukul 02.00 WIB dan SD Negeri 5 Langkai di jalan Wahidin Soedirohusodo, Sabtu (22/7) pukul 03.00 WIB.

Tiga kebakaran terakhir terjadi di SDN 8 Palangka Raya pada Sabtu (29/7) sekitar pukul 18.10 WIB dan pada Minggu dini hari sekitar pukul 03.00 WIB di SDN 1 Menteng Palangka Raya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close