TERNATE, SERUJI.CO.ID – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Maluku Utara, Muhammad Natsir Thaib mencopot Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat, Irwanto Ali, karena dinilai gagal dalam mengelola sistem administrasi kepegawaian.

“Pencopotan Irwanto setelah dilakukan evaluasi yang ternyata gagal dalam proses pencatatan kepegawaian, sehingga basis data Pemprov Maluku Utara terlihat kacau dan menunjukkan bersangkutan tidak mampu menjalankan tugas sebagai Kepala BKPSDM, ” katanya di Ternate, Selasa (27/3).

Muhammad menerbitkan Surat Keputusan (SK) penunjukan Plt Kepala BKPSDM kepada kepada Jamdi Tomagola yang sebelumnya sebagai Sekretaris BKPSDM.

Menurutya, evaluasi dilakukan agar bisa menertibkan basis data untuk mengetahui pegawai sebanyak 7.000 itu dari mana saja maupun apa yang dikerjakan.

“Pegawai sebanyak ini jangan sampai ada yang bekerja, tetapi ada juga yang tidak bekerja. Pegawai tidak jelas itu sangat berdampak terhadap pembayaran berbagai hak-hak mereka,” ujar Muhammad.

Karena itu, jabatan eselon III maupun IV saat ini masih dievaluasi basis datanya.

Plt Kepala BKPSDM telah diinstruksikan agar memperbaiki basis data, termasuk sistem pembayaran pegawai.

Muhammad juga memandang perlu melakukan pelelangan jabatan dalam waktu dekat agar semua Plt dapat didevinitifkan.

Bahkan, Plt BKPSDM diinstruksikan agar pelelangan jabatan harus dilakukan pada April 2018 karena Sekda telah mempersiapkan mkekanismenya melalui koordinasi dengan Komisi ASN.

Disinggung mengenai edaran Kemendagri untuk tidak dilakukan pergantian, dia menjelaskan, telah siap bertanggungjawab kepada Kemendagri dan KASN atas pencopotan pejabat eselon II di Pemprov Maluku Utara.

“Saya sebagai kepala daerah mempunyai tanggungjawab terhadap provinsi ini sehingga pejabat eselon II yang Plt diupayakan definitif melalui lelang jabatan agar ada kepastian sehingga mereka bisa bekerja optimal,” tandas Muhammad Alex Sariwating. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polisi Temukan Dua Kardus Miras di Pelabuhan Tahuna

MANADO, SERUJI.CO.ID - Polisi menemukan dua dus sekitar 46 botol minuman keras (miras) beralkohol jenis captikus pada sebuah kapal yang berlabuh di Pelabuhan Tahuna,...

Pakde Karwo Pastikan Sanksi ASN Yang Berfoto Tunjukkan Dukungan ke Gus Ipul-Puti

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Gubernur Jatim Soekarwo memastikan telah memberi sanksi terhadap ASN (Aparatur Sipil Negara) yang tidak netralan di Pilgub Jatim 2018, dengan berfoto...
Korban Miras Oplosan

Korban Miras Oplosan di RSUD Dr Soetomo Kian Bertambah

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Korban akibat menenggak minuman keras kian bertambah di Surabaya. Hingga kini terhitung sudah puluhan korban miras merasakan pesakitan di Rumah Sakit,...

Menangkan Pemilu 2019, Gerindra Bentuk Laskar Merah Putih

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Partai Gerindra Jatim tampaknya tak setengah-setengah dalam mengejar target Pemilu 2019 mendatang. Partai besutan Prabowo Subianto tersebut menargetkan sebanyak-banyaknya perolehan pemilu...

IFC: Indonesia Diharapkan Jadi Mode Busana Muslim Dunia

BOGOR, SERUJI.CO.ID - National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma mengatakan pertemuan dengan Presiden Jokowi menawarkan program konkrit membawa dunia ke Indonesia untuk...
loading...