Dinas Pertanian Lindungi Kawasan Indikasi Geografis Kopi Arabika Flores

KUPANG, SERUJI.CO.ID – Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Yohanis Tay Ruba mengatakan seluruh kawasan Indikasi Geografis Kopi Arabika Flores Bajawa (AFB) sudah mendapat perlindungan.

“Pemerintah Kabupaten Ngada telah mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2015 tentang Perlindungan Kawasan Indikasi Geografis Kopi Arabika Flores Bajawa sebagai kopi spesial,” kata Yohanis Tay Ruba di Kupang, Sabtu (28/4) terkait upaya perlindungan terhadap Kawasan Indikasi Geografis Kopi Arabika Flores Bajawa.

Pada 2015, Kementerian Hukum dan HAM memberikan sertifikasi Indikasi Geografis (IG) Kopi Arabika Flores Bajawa. Sertifikat ini bertujuan untuk menjamin keberlanjutan komoditas tersebut.

Menurut dia, petani yang terafiliasi dalam Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) kopi AFB telah memproduksi kopi kualitas premium untuk ekspor.

“Perkebunan kopi di Bajawa adalah perkebunan kopi rakyat yang diusahakan turun-temurun. Sampai saat ini mereka yang mengelola perkebunan kopi itu berjumlah 9.063 petani,” katanya.

Setiap tahun, produktivitas normal tanaman kopi AFB di Kabupaten Ngada mencapai 2-3 ton per hektare (ha) dari lahan kopi seluas 5.891 hektare.

“Kalau kita hitung rata-rata dua ton per tahun saja maka setiap tahun produksi sekitar 15 ribu ton, dan hampir seluruhnya diekspor ke Eropa dan Amerika Serikat,” katanya.

Dia mengakui pada tahun 2017, produksi kopi AFB mengalami penurunan drastis, tetapi pada musim tanam 2018, produksi akan kembali normal seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun 2017 itu turun karena ada La Nina. Kami yakin pada tahun 2018 ini produksi sudah normal kembali,” kata Yohanis Tay. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

TERPOPULER