Diguncang Gempa Beruntun, Warga Kecamatan Ile Ape Lembata Mengungsi

0
17
gempa lembata
Dampak gempa Lembata, warga Ile Ape diungsikan. (Foto: Dok BMKG)

KUPANG, SERUJI.CO.ID – Warga Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur mulai mengungsi untuk mengamankan diri dari dampak gempa yang terjadi sejak Ahad (8/10).

“Hingga tadi malam pemerintah sudah membantu mengevakuasi warga yang berada di sekitaran gunung Ile Lewotolok sebagai akibat dari guncangan gempa bawah laut yang terus saja terjadi dan merusak sejumlah rumah,” kata Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday dari Lewoleba, Ibu Kota Kabupaten Lembata, Rabu (11/10).

Dia mengatakan hal itu menjawab aksi pemerintah setempat membantu masyarakat dari guncangan gempa dengan status Gunung Ile Lewotolok yang dinaikan dari level I atau normal ke level II atau waspada.

Menurut Thomas, saat ini para warga yang dievakuasi ada sebagian ditempatkan di Kantor Camat Ile Ape dan sebagian ditempatkan di bekas rumah jabatan Bupati Lembata di Lewoleba.

“Ada juga sebagiannya dijemput keluarga masing-masing dan tinggal di rumah keluarga yang aman,” katanya.

Yang saat ini mendiami lokasi pengungsian di Kantor Camat Ile Api sebanyak 224 orang dan yang berada di bekas Rumah Jabatan Bupati Lembata berjumlah 316 orang.

Bantuan makan dan obat-obatan sebagai tanggap darurat disalurkan kepada semua pengungsi di dua lokasi tersebut, untuk memastikan kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan para warga yang menjadi korban gempa tersebut.

Terhadap stok obat-obatan, menurut Thomas juga tersedia termasuk siaga paramedis dan dokter di lokasi tempat pengungsian.

“Kemarin ada beberapa anak yang sakit karena kondisinya lemah dan sudah ditangani tim medis dan dokter di rumah sakit terdekat,” katanya.

Terkait stok pangan berupa beras, Thomas mengaku saat ini masih memanfaatkan stok beras yang ada di Dinas Sosial Kabupaten Lembata. Pemerintah akan meminta bantuan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah pusat untuk bisa membekap stok pangan bagi warga.

Koordinasi dengan Badan penanggungan bencana provinsi dan pusat hari ini akan dilakukan, agar bantuan bisa segera digunakan, demi penyelamatan para warga yang mengungsi.

Memang diakuinya, status Gunung Ile Lewotolok atau yang disebut warga Gunung Ile Ape itu masih berada pada level siaga, namun goncangan gempa bawah laut yang sudah berulang kali terjadi itu telah menimbulkan korban.

Korban sejumlah rumah yang rusak akibat tertindih bebatuan dari Ile Lewotolok atau Ile Ape itu juga sudah terjadi. Setidaknya ada 11 rumah rusak berat dan 29 rumah ruak ringan.

Juga terjadi keguncangan jiwa, ketakutan dan gangguan psikologis lain sebagai akibat dari bencana tersebut.

“Apalagi untuk para lansia dan anak-anak. Kami melihat terjadi ketakutan yang maha dasyat di mental meraka,” katanya.

“Ini soal kemanusian jadi tidak harus menanti level gunung itu tinggi. Korban sudah terjadi saat ini dan butuh penanganan maksimal,” kata bekas pengajar sebuah perguruan tinggi swasta di Kota Kupang itu.

Hingga saat ini, pemerintah terus melakukan pemantauan di sekitar lereng dan lokasi Gunung Ile Lewotolok untuk memasrikan warga yang masih tertinggal dan belum dievakuasi. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

Shah Porir Dwip, Tanah Harapan bagi Setengah Juta Jiwa Rohingya

SERUJI.CO.ID - Pernahkah terbayang adegan ini? Pada suatu malam buta, rumah gubuk yang kita tempati bersama orang tua dan adik-adik kita tiba-tiba digedor dengan...

Demo Istana, Ratusan Mahasiswa Tuntut Janji Kampanye Jokowi-JK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) sejak siang, Jumat (20/10) melakukan aksi unjuk rasa di...
taksi online

Peraturan Baru, Taksi Online Boleh Dimiliki Individu

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Revisi atas Peraturan Menteri (Permen) Perhubungan nomor 26 tahun 2017 telah diselesaikan oleh Menteri Perhubungan. Perubahan yang mendasar dari revisi Permen...
Nyono Suharli

Besok, Golkar Keluarkan Rekomendasi Bacagub Jatim Untuk Khofifah

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Surat rekomendasi untuk bacawagub Jatim Khofifah Indar Parawansa dari partai Golkar dipastikan akan turun besok, Sabtu (21/10). Rencananya rekomendasi tersebut akan...

Produk Kefir dari Fermentasi Susu Kambing Kian Diminati

SOLO, SERUJI.CO.ID - Produk berbahan baku kefir atau fermentasi susu kambing buatan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dari Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mulai...
Menteri Asman Abnur

Alasan Efisiensi, Pemerintah Bubarkan 8 Lembaga Non-Struktural

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur menyampaikan daftar delapan Lembaga Non-Struktural (LNS) yang akan dibubarkan atau dilebur...